Sinar Mas Caplok 15% Saham SMS Finance Rp 96 M

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
21 March 2019 16:05
Sinar Mas Caplok 15% Saham SMS Finance Rp 96 M
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sinar Mas Multiartha Tbk (SMMA) baru saja mengakuisisi kepemilikan saham PT Sinar Mitra Sepadan Finance (SMS Finance), perusahaan pembiayaan yang dikendalikan oleh ORIX Corporation, Jepang. Nilai transaksi pembelian 15% saham ini mencapai Rp 96,19 miliar.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), SMMA mengambilalih 15% saham milik PT Padma Terang Sentosa di SMS Finance. Transaksi ini dilakukan pada 20 Maret 2019.

Keterbukaan yang diteken oleh Direktur Utama SMMA Doddy Santoso ini menyebutkan bahwa tidak ada dampak kejadian, informasi atau fakta penting terhadap perseroan baik berupa dampak terhadap operasional, kondisi keuangan dan proyeksi keuangan, dampak hukum dan kelangsungan usaha.



Sinar Mas Multiartha merupakan perusahaan milik Sinar Mas Group yang menjadi holding dari seluruh korporasi yang bergerak di bidang jasa keuangan milik grup tersebut.

Hingga saat ini SMMA membawahi 29 anak usaha dengan kepemilikan langsung, seperti PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Asuransi Sinarmas, PT Sinarmas Sekuritas, perusahaan pembiayaan PT Sinarmas Multifinance, dan lainnya.

SMS Finance merupakan multifinance yang bergerak di jasa pembiayaan modal baru dan bekas. Dengan akuisisi 15% saham ini, maka kepemilikan saham SMS Finance yakni ORIX 85% masih mayoritas, sedangkan Sinar Mas Multiartha 15%.

ORIX sebetulnya juga sudah memiliki multifinance yang fokus pada pembiayaan mesin industri yakni PT ORIX Indonesia Finance, hasil patungan dengan Yayasan Kesejahteraan Karyawan Bank Indonesia.

ORIX Corporation didirikan pada 1964 sebagai salah satu pelopor perusahaan leasing yang berbasis di Jepang. Situs resmi ORIX mencatat perusahaan ini sudah melipat gandakan modalnya lebih dari 23 kali sejak didirikan 55 tahun lalu. Perusahaan ini bahkan terdaftar di Bursa Efek Tokyo dan New York Stock Exchange (NYSE).

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading