Online Trading Saham Syariah Baru 13, Ini Dia Penguasanya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 March 2019 20:00
Online Trading Saham Syariah Baru 13, Ini Dia Penguasanya
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan bisa menambah jumlah perusahaan efek (sekuritas) yang menyediakan sistem perdagangan saham syariah atau sharia online trading system (SOTS) menjadi 20 perusahaan guna meningkatkan geliat pasar modal syariah.

Hingga akhir tahun lalu, baru ada 13 sekuritas yang menyediakan sistem SOTS tersebut sehingga perlu ada penambahan.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan jumlah sekuritas yang menyediakan SOTS terus bertambah setiap tahun. Sejak dimulai pada 2011, sampai dengan 2018, selalu ada penambahan perusahaan efek yang menyediakan SOTS.



"Ada 13 tapi kami enggak berhenti di 13 ini. Dulu pun kalau kalian jeli, itu belum 13 tapi terus bertambah. Mudah-mudahan bertambah lagi tahun ini. Target khusus tidak ada, tapi mudah-mudahan angka 20 realistis," kata Hasan di Gedung BEI, Jakarta, Senin (18/3).

Dari 13 penyedia SOTS ini, PT Indo Premier Sekuritas menjadi perusahaan pertama yang membuka diri menyediakan platform transaksi saham syariah.

Strategi memulai perdana tersebut mampu membawa sekuritas ini berhasil menguasai pangsa pasar terbesar dengan porsi 30% dari seluruh jumlah investor saham syariah.

Setelah Indo Premier, ada PT Phintraco Sekuritas yang resmi menyediakan SOTS pada 2013 dengan porsi sebesar 20% dan PT FAC Sekuritas yang memulai sejak 2015 dengan kontribusi di pasar pasar modal syariah sebesar 16%.

Kemudian, ada PT MNC Sekuritas yang menjadi penyedia SOTS sejak 2016 dan menguasai pasar sebesar 10%, sedangkan sembilan sekuritas lain masih bersaing dengan market share di bawah 4%.

Tahun ini, BEI menargetkan pertumbuhan investor saham syariah meningkat hingga 100% menjadi 89.086 investor dari tahun lalu sebanyak 44.543 investor.

Target ini lebih tinggi dibanding dengan capaian BEI pada tahun lalu yang pertumbuhan investor saham syariah naik mencapai sekitar 92% atau
bertambah 21.329 dari tahun sebelumnya sebanyak 23.207 investor.



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading