Lumayan, Rupiah Juara Harapan I Se-Asia

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 March 2019 16:48
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Rupiah tidak pernah melemah sepanjang hari ini, konsisten di jalur hijau. 

Pada Senin (18/3/2018) , US$ 1 dibanderol Rp 14.235 kala penutupan pasar spot. Rupiah menguat 0,14% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. 

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah menguat 0,17%. Selepas itu penguatan rupiah sepat menipis tetapi tidak sampai terpeleset ke zona merah. 



Gerak rupiah tidak terlalu dinamis hari ini, hanya berada di rentang yang tidak terlalu lebar. Posisi terbaik rupiah ada di Rp 14.210/US$ sementara terlemahnya adalah Rp 14.245/US$.  

Berikut perjalanan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini: 

 

Rupiah bergerak searah dengan mata uang utama Asia yang juga menguat terhadap dolar AS. Hanya sebagian kecil mata uang Benua Kuning yang melemah, yaitu yuan China, yen Jepang, peso Filipina, dan baht Thailand. 

Meski menguat, tetapi apresiasi rupiah tidak ada apa-apanya dibandingkan mata uang lainnya. Rupee India menyabet gelar mata uang terbaik di Asia, disusul oleh ringgit Malaysia dan won Korea Selatan. Rupiah berada di posisi keempat, kalau di kompetisi mungkin meraih Juara Harapan I.

Namun penguatan yang terjadi hari ini menjadi start yang bagus bagi rupiah untuk mengawali pekan yang baru, not bad lah. Ada harapan rupiah bisa mengulangi pencapaian pekan lalu, atau bahkan semoga bisa lebih baik.


Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 16:17 WIB: 




(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading