Aura Positif Damai Dagang AS-China Bikin Bursa Tokyo Menguat

Market - Muhammad Iqbal, CNBC Indonesia
18 March 2019 07:32
Aura Positif Damai Dagang AS-China Bikin Bursa Tokyo Menguat
Tokyo, CNBC Indonesia - Bursa saham Tokyo pada perdagangan Senin (18/3/2019) pagi dibuka menguat. Faktor penunjang di balik hal itu adalah investor merespons positif perkembangan negosiasi dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Selain itu, investor juga mencermati rapat Bank Sentral AS alias The Fed pada akhir pekan ini.

Dilansir AFP, indeks Nikkei 225 menguat 0,65% atau 139,64 poin ke level 21.590,499. Sedangkan indeks Topix naik 0,43% atau 6,82 poin ke level 1.609,45.




Dari Wall Street, tiga indeks utama ditutup menguat pada perdagangan akhir pekan lalu. Dow Jones Industrial Average (DJIA) naik 0,54%, S&P 500 bertambah 0,49%, dan Nasdaq Composite menguat 0,76%.

Bursa saham New York bergairah karena ada perkembangan positif dari pembicaraan dagang AS-China. Akhir pekan lalu, kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Wakil Perdana Menteri China Liu He kembali menelepon ke Washington untuk berbicara dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer.

Menurut seorang sumber, pembicaraan tersebut berlangsung konstruktif dan ada kemajuan signifikan. Tidak dijelaskan secara rinci isi dari percakapan itu.

Aura Positif Damai Dagang AS-China Bikin Bursa Tokyo MenguatFoto: Aides memberi isyarat ketika Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, Wakil Perdana Menteri China dan perunding perdagangan Liu He, dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin berbaris untuk foto sebelum sesi pembukaan perundingan perdagangan di Diaoyutai State Guesthouse di Beijing, Kamis, (14/2/2019). (Mark Schiefelbein / Pool via REUTERS)


Meski demikian, kabar ini saja sudah membuat investor lega bukan main. Sebab, sebelumnya pelaku pasar sudah dibuat cemas kala beredar berita pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping tidak akan terjadi pada bulan ini. Sempat ada kekhawatiran dialog Washington-Beijing buntu, seperti yang terjadi dengan perundingan AS-Korea Utara di Vietnam akhir bulan lalu.

Simak video terkait perkembangan negosiasi dagang AS-China di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC] (miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading