Menguat Tinggi Minggu Ini, Harga Minyak Butuh Istirahat

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
15 March 2019 08:47
Menguat Tinggi Minggu Ini, Harga Minyak Butuh Istirahat
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah pada perdagangan Jumat pagi ini (15/3/2019) masih berada di zona merah.

Hingga pukul 08:30 WIB, harga minyak Brent kontrak Mei turun 0,19% ke posisi US$ 67,1/barel, setelah juga melemah 0,47% kemarin (14/3/2019).

Sedangkan jenis lightsweet (WTI) kontrak April juga terkoreksi 0,17% ke level US$ 58,51/barel, setelah menguat 0,6% pada perdagangan kemarin.


Secara mingguan, harga Brent dan WTI masing-masing sudah naik 2,07% dan 4,41% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, keduanya telah terdongkrak sekitar 26%.



Meski sedikit terkoreksi, sejatinya harga minyak sudah menguat banyak minggu ini. Alhasil, ruang untuk mengamankan keuntungan bagi para investor menjadi terbuka lebar. Apalagi ini akhir pekan.

Maklum, kontrak pembelian minyak memang aktif diperjualbelikan di pasar global.

Harga minyak masih terus mendapat dorongan ke atas dari pengurangan pasokan yang dilakukan oleh Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama aliansinya.

Seperti yang diketahui OPEC bersama sekutunya telah sepakat untuk mengurangi produksi minyak hingga sebesar 1,2 juta barel/hari mulai Januari 2019.

OPEC juga dijadwalkan menggelar pertemuan lanjutan untuk membahas minyak dunia pada bulan April mendatang.

Namun, kekhawatiran pelaku pasar akan melemahnya permintaan minyak tahun ini masih tetap membayangi.

Dampak perlambatan ekonomi akan membuat aktifitas industri, seperti manufaktur dan transportasi ikut melambat. Permintaan minyak pun berpotensi ikut melemah.

TIM RISET CNBC INDONESIA (taa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading