Divestasi Saham ANZ di Bank Panin yang Masih Belum Jelas

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
06 March 2019 11:45
Nasib divestasi saham ANZ Group di PT Bank Panin Tbk (PNBN) hingga kini belum jelas.
Jakarta, CNBC Indonesia - Nasib divestasi saham ANZ Group di PT Bank Panin Tbk (PNBN) hingga kini belum jelas. Kemarin, Selasa (5/3/2019), Presiden Direktur Panin Bank Herwidayatmo enggan menjawab perihal finalisasi kesepakatan divestasi saham ANZ tersebut.

Herwidayatmo hanya mengaku siap menerima keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait nasib divestasi saham ANZ Group. Pada September tahun lalu, seperti yang diberitakan Bloomberg, diperkirakan penyelesaian divestasi saham ANZ diperkirakan akan selesai akhir Januari.


"Mereka minta waktu lagi. Ini kewenangan OJK memberikan waktu sampai kapan. Kita sudah siap kalau memang harus begitu, ya siap. Tidak ada pilihan lain. Emangnya kita mau dipecat?," kata Herwidayatmo usai peluncuran Panin Super Bonanza 2019 di Kantor Pusat Panin Bank, Selasa (5/3/2019).





Pada kesempatan itu, Herwidayatmo menolak untuk berkomentar lebih jauh soal finalisasi divestasi. Seluruh keputusan berada di tangan pemegang saham pengendali saat ini, yakni ANZ Group sebesar 38,82% yang tercatat atas nama Vontraint No 1103 PTY Ltd. 


"Ini bukan di tangan kita, di tangan ANZ. Jadi tanya ke mereka sampai di mana. Kita betul-betul tidak mengerti," imbuhnya.


Di sisi lain, antara pihaknya dan ANZ telah menandatangani hal-hal yang disepakati confidential.

"Biar merekalah kalau ini ibaratnya kalau kita yang ngelakuin tapi orang lain yang umumkan kan tidak pantas," ucapnya. 




Herwidayatmo mengatakan, pihaknya hanya tahu bahwa ANZ Group diminta OJK untuk menentukan pilihan apakah ingin menurunkan porsi kepemilikan saham atau menjadi pemegang saham pengendali di Bank Panin.

"Aturannya [OJK] kalau di atas 25% pengendali. Ya mereka harus masuk ke situ, tapi mereka kan ingin 38% turun baru jual," imbuhnya. 


Masih mengutip Bloomberg, diberitakan ANZ sudah menunjuk Morgan Stanley sebagai penasihat untuk melepas kepemilikan saham Bank Panin. Sejak kabar tersebut berhembus harga saham Bank Panin sering turun naik.

Simak video terkait Panin Asset Management di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]
(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading