Wow, Harga Karet Naik Lagi!

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
27 February 2019 09:24
Wow, Harga Karet Naik Lagi!
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga karet acuan kontrak Agustus di bursa Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) naik 0,4% ke posisi JPY 199,7/kg hingga pukul 08:45 WIB pada perdagangan Rabu ini (27/2/2019).

Kenaikan harga ini menghentikan pelemahan harga karet yang kemarin melemah sebesar 1,19%. Pada posisi saat ini, harga karet sudah naik 1,11% selama sepekan (point-to-point), sedangkan sejak awal tahun (year to date), harga karet juga masih naik sebesar 17,33%.




Naiknya harga minyak mentah pada pagi hari ini turut mendorong pergerakan harga kontrak karet. Harga minyak jenis Brent yang menjadi patokan pasar Eropa dan Asia naik 0,63%, sedangkan jenis lightsweet (WTI) yang menjadi patokan pasar Amerika terangkat 0,94%.

Pergerakan harga minyak biasanya akan searah dengan harga karet. Sebab, karet sintetis yang biasa digunakan sebagai substitusi karet alam untuk produksi ban kendaraan bermotor dibuat dari minyak bumi.

Selain itu pelaku pasar tampaknya juga masih menaruh harapan pada rencana Internasional Tripartite Rubber Council (ITRC) untuk mengurangi ekspor karet sebesar 200.000-300.000 ton/tahun bagi setiap anggotanya (Thailand, Indonesia, dan Malaysia).

Kontrak komoditas karet yang diperdagangkan di bursa TOCOM merupakan karet lembaran asap bergaris (Ribbed Smoked Sheets/RSS), yang utamanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan ban kendaraan bermotor. Di sisi lain, sebagai informasi, besaran US$ 1 kini setara dengan JPY 110.53.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(taa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading