Internasional

Tantang Visa & Mastercard, UE Buat Aturan Pembayaran Baru

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 February 2019 18:57
Tantang Visa & Mastercard, UE Buat Aturan Pembayaran Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi Eropa sedang mempertimbangkan aturan baru untuk mempercepat pengambilan sistem pembayaran instan yang diluncurkan tahun lalu oleh Bank Sentral Eropa (ECB).

Langkah ini diambil agar secara langsung dapat bersaing dengan perusahaan kartu dan raksasa teknologi, seperti PayPal, kata seorang pejabat tinggi.

Sistem Penyelesaian Pembayaran Instan (TIPS) TARGET milik ECB akan memungkinkan individu dan perusahaan di Eropa mentransfer euro antara satu sama lain dalam hitungan detik dan tanpa berpaku pada jam buka bank lokal mereka.

Ini dipandang sebagai tantangan langsung bagi perusahaan-perusahaan Amerika Serikat (AS) seperti PayPal, Google, Facebook dan Amazon, serta Alibaba dan Tencent dari China yang saat ini mendominasi layanan semacam itu di Eropa.



Tetapi, karena bank-bank Eropa sejauh ini lambat dalam bergabung dengan sistem, maka Komisi Eropa masih harus mempelajari langkah-langkah yang memungkinkan untuk memfasilitasi penggunaannya.

"Kami merenungkan apakah dorongan peraturan yang lebih kuat akan diperlukan untuk mempercepat proses ini," kata Wakil Presiden Komisi Uni Eropa yang bertanggung jawab atas layanan keuangan Valdis Dombrovskis pada konferensi fintech di Brussels, mengutip Reuters.

Dia mengatakan sistem ECB memiliki potensi "untuk mengganggu solusi pembayaran yang ada, termasuk kartu, setidaknya untuk pembayaran dalam mata uang euro."

Tantang Visa & Mastercard, UE Buat Aturan Pembayaran BaruFoto: CNBC Indonesia

Perusahaan-perusahaan AS, Visa dan Mastercard saat ini mendominasi pasar Eropa untuk bisnis pembayaran kartu.

"Dalam beberapa tahun, kami ingin Eropa menetapkan standar global baru untuk teknologi pembayaran," kata Dombrovskis. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading