Kredit Tumbuh 10-12%, Danamon Terbitkan Obligasi Rp 2-3 T

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
20 February 2019 17:25
Kredit Tumbuh 10-12%, Danamon Terbitkan Obligasi Rp 2-3 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) berencana menerbitkan surat utang atau obligasi pada semester II tahun ini. Direktur Keuangan Satinder Pal Singh Ahluwalia menyatakan, obligasi diterbitkan bila bisnis tumbuh 10%-12%. 

"Kita harus lihat apakah ada growth di semester II dan kita pasti buat rencana kalau issue bond. Kita masih juga perlu Rp2 triliun-Rp3 triliun," kata Satinder usai pemaparan kinerja Bank Danamon Full Year 2018 di Jakarta, Rabu (20/2/2019). 

Satinder melanjutkan, pihaknya masih akan fokus pada penerbitan surat utang jangka menengah atau medium term notes (MTN) di semester I ini. Nilai dari MTN itu Rp500 miliar. Penerbitan obligasi di semester II akan dilakukan lebih berhati-hati melihat pertumbuhan perusahaan.


"Kita akan lihat growth bagaimana. Harus ada buffer untuk LCR (liquidity coverage ratio) dan NSFR (net stable funding ratio) juga. Kita mau lihat 6 bulan sampai setahun depan, tidak mau yang lebih dekat-dekat," jelas Satinder.

Bank Danamon berharap, selain MTN dan obligasi pihaknya bisa menerbitkan green bond atau surat utang syariah (sukuk). Pasalnya, ada banyak investor yang tertarik dalam penerbitan obligasi baru Bank Danamon. 

Dalam paparan kinerjanya, Bank Danamon selama 2018 berhasil mencatatkan laba sebesar Rp3,9 triliun atau naik 7% dari laba tahun sebelumnya. Kenaikan laba bersih ini ditopang penyaluran kredit yang tumbuh dua digit. 

Kredit luar pembayaran mikro tumbuh 12% menjadi Rp137,2 triliun. Kredit UKM tumbuh 10% menjadi Rp31 triliun. Kredit segmen enterprise tumbuh 11% menjadi Rp41,5 triliun. Kredit KPR tumbuh 29% menjadi Rp7,8 triliun. 


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading