Nantikan Kabar Damai Dagang, Bursa Eropa Parkir di Zona Merah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
20 February 2019 - 06:36
Nantikan Kabar Damai Dagang, Bursa Eropa Parkir di Zona Merah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Eropa ditutup melemah, Selasa (19/2/2019), saat para pelaku pasar dengan cemas menantikan kabar terbaru dari lanjutan perundingan dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Indeks FTSE 100 di London turun 0,56%, indeks CAC 40 di Paris terkoreksi 0,16%, namun indeks DAX di Frankfurt masih mampu naik tipis 0,09%.



Indeks Eropa Stoxx 600 melemah 0,2% di akhir perdagangan dengan sebagian besar bursa Benua Biru itu berada di zona negatif, dilansir dari CNBC International.


Indeks saham perbankan Eropa memimpin pelemahan tersebut dengan penurunan hingga hampir 0,9% menyusul kabar laporan kinerja emiten yang mengecewakan. HSBC menjadi saham berkinerja terburuk hari Selasa setelah melaporkan laba tahunan yang mengecewakan.

Bank terbesar di Eropa itu juga memperingatkan bahwa perlambatan ekonomi di China dan ketidakpastian Brexit sepertinya akan terus menjadi risiko di 2019 ini. Saham bank yang tercatat di bursa London ini anjlok 4% di akhir perdagangan.

Perhatian sebagian besar pelaku pasar tertuju pada perkembangan perundingan dagang antara dua ekonomi terbesar dunia. Putaran terbaru pembicaraan itu dilangsungkan di Washington, Selasa waktu setempat.



Sesi lanjutan berupa pembicaraan tingkat tinggi akan diadakan menjelang akhir pekan ini demi mengejar tercapainya perjanjian dagang sebelum tenggat waktu 1 Maret.

Presiden AS Donald Trump telah mengindikasikan kemungkinan memperpanjang tenggat waktu tersebut bila kedua negara telah semakin dekat dengan kata sepakat. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading