Kabar Konsolidasi, Saham FREN & ISAT Liar Bersamaan

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
14 February 2019 12:31
Kabar Konsolidasi, Saham FREN & ISAT Liar Bersamaan
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar konsolidasi operator telco mendorong dua saham emiten telekomunikasi PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT Indosat Tbk (ISAT) berbarengan melesat pada sesi I perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Data BEI menunjukkan, dua saham tersebut berada di urutan teratas top gainer pada Kamis (14/2/2019). Saham FREN melesat 12,56% di level Rp 224/saham dengan nilai transaksi Rp 41,59 miliar dengan volume 195,81 juta saham. 
Dalam sepekan saham FREN sudah naik 20,43% dan year to date meroket 187%.

Adapun saham ISAT naik 12,50% di level Rp 3.600/saham dengan nilai transaksi Rp 67,84 miliar dan volume perdagangan 19,83 juta saham. Dalam sepekan saham ISAT naik 3,15% dan year to date melesat 114%.

Dalam risetnya, Danareksa menilai simulasi FREN-ISAT yang dikabarkan berpeluang terjadi akan menciptakan perusahaan telekomunikasi yang dapat menawarkan kualitas layanan yang lebih baik-sampai tingkat tertentu-dan secara efektif mendorong tingkat pengembalian yang lebih baik.

"Dan kami percaya entitas yang dikonsolidasikan juga akan memiliki pangsa pendapatan tertinggi ke-2 dan ini akan cukup untuk menekan XL Axiata," tulis riset Danareksa.

Menurut Danareksa, penggabungan antara FREN (nonrated) dan ISAT (rated) akan mewujudkan sinergi peningkatan kinerja jaringan (melalui penggabungan spektrum frekuensi yang dialokasikan untuk keduanya). Selain itu, merger itu juga akan mendorong penggunaan data yang lebih tinggi dan memberikan harga kompetitif pada jaringan yang akan memiliki kinerja lebih baik.



(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading