Ekonomi RI 'Hanya' Tumbuh 5,17% di 2018, Apa Kata Darmin?

Market - Exist in Exist, CNBC Indonesia
06 February 2019 13:00
Ekonomi RI 'Hanya' Tumbuh 5,17% di 2018, Apa Kata Darmin?
Jakarta, CNBC IndonesiaBadan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2018 mencapai 5,17%. Merespons laporan BPS, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, hal tersebut sesuai dengan proyeksi yang disampaikan beberapa waktu lalu.

"Kok bisa pas banget kayak yang saya bilang hahaha, feeling saja, siapa yang tau persis," ujar Darmin ditemui di kantornya, Rabu (6/2/2019).




Menurut dia, perekonomian dunia sepanjang tahun lalu tidak sedang berada kondisi terbaik. Di sisi lain, ekonomi Indonesia pada kuartal IV-2018 tumbuh 5,18% atau lebih baik ketimbang kuartal III maupun kuartal II.


"Itu seasonalnya begitu. Jadi kalau dua-duanya dipertemukan ya dia stabil saja dengan kuartal yang lalu," kata Darmin.

Pertumbuhan ekonomi 2018 lebih rendah dari target dalam APBN 2018 sebesar 5,4%. Sedangkan dalam APBN 2019, ekonomi ditargetkan tumbuh 5,3%. Bagaimana cara mencapai target itu?

"Ya kita kerja keras, kalo gak kerja keras, gak bisa. Kita sedang nyiapin kebijakan ekspor," kata Darmin.

"Nemang kita akan fokus dulu pada prosedur logistik, itu dulu. Itu pun kalau industrinya belum akan cepat. Kita akan memperbaiki apa yang ada aja dulu, pokoknya mendorong, memberikan dukungan supaya ekspor membaik. Tapi sembari gitu kita akan urusi industri," lanjutnya.
Simak video terkait pertumbuhan ekonomi yang dipaparkan oleh Kepala Ekonom Bank CIMB Niaga Adrian Panggabean di bawah ini.



(miq/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading