Tol Laut, Menhub Cari Cara agar Muatan Kapal Balik Tak Lowong

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
05 February 2019 10:59
Tol Laut, Menhub Cari Cara agar Muatan Kapal Balik Tak Lowong
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan, program tol laut selama ini mampu mendorong konektivitas dan menekan disparitas harga di wilayah timur Indonesia. Meski demikian, masih ada persoalan yang harus dicarikan solusi.

Demikian disampaikan BKS dalam sebuah seminar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2019 di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Senin (4/2/2019). "Hingga saat ini Tol laut mampu menekan disparitas harga 15-20%," bebernya dalam seminar yang diselenggarakan di dalam ruang makan Kapal KM Dorolonda tersebut, dikutip CNBC Indonesia dari keterangan tertulis.

Adapun persoalan yang masih dicari jalan keluarnya yakni operasionalisasi muatan balik. Acap kali, Tol Laut mengangkut muatan penuh menuju wilayah timur, namun kembali tanpa muatan alias lowong.

"Memang masih ada masalah dalam pelaksanaannya yaitu terkait muatan balik. Untuk itulah, saya juga mendorong pihak terkait seperti Perdagangan, Pertanian, Pelni, Djakarta Lloyd, Pelindo I hingga IV untuk berperan aktif dalam mengoptimalkan muatan balik tol laut," ujar BKS.


Sejalan dengan itu, Menhub mendorong program tol laut bukan hanya port to port. Menurutnya, potensi dari program ini tidak hanya mengantar logistik dari pelabuhan ke pelabuhan, tapi bisa juga sampai end to end alias langsung sampai ke konsumen.

Dengan begitu, diharapkan masyarakat di daerah yang dilewati Tol Laut benar-benar merasakan harga yang terjangkau. Atas harapan itu, Menhub tengah merancang strategi peningkatan handling peti kemas.

"Misalnya nanti akan ada sistem Dashboard digital yang dikembangkan untuk menawarkan produk, misalnya beras, ke beberapa titik sehingga para pedagang kecil bisa langsung membeli dan memasarkan," tambahnya.

"Begitu juga ikan misalnya dapat langsung dibeli oleh konsumen sehingga nelayan langsung memperoleh manfaat harga dan mempersingkat rantai bisnis," lanjutnya.



Pemerintah akan Genjot Tol Laut
[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading