Sah! Medco Resmi Caplok Ophir Rp 7,25 T

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
30 January 2019 15:47
Sah! Medco Resmi Caplok Ophir Rp 7,25 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah sebelumnya ditolak karena kemurahan, Medco Energi Global Pte Ltd, anak usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), akhirnya resmi mengakuisisi seluruh saham perusahaan migas yang tercatat di London, Ophir Energy Plc, pada Rabu 30 Januari 2019.

Nilai akuisisi Medco atas saham Ophir yang tercatat di Bursa Efek London ini mencapai 390,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 7,25 triliun (dengan asumsi 1 pound sekitar Rp 18.757 kurs Bank Indonesia).

Harga saham Ophir yang disepakati yakni 
55 pence per saham, lebih tinggi dari harga penawaran Medco sebelumnya 48,50 pence yang ditolak pemegang saham Ophir. Kesepakatan itu diteken sehari sebelum tenggat waktu 31 Januari 2019 yang ditentukan sebelumnya.

Manajemen perseroan mengungkapkan bahwa Ophir memiliki portofolio aset internasonal dan Medco percaya bahwa kombinasi antarkedua perusahaan migas ini akan meningkatkan kapasitas perusahaan, terutama penguatan pasar di Asia Tenggara.

"Medco dengan senang hati mengumumkan penawaran yang direkomendasikan ini untuk mengakuisisi Ophir dan portofolio aset minyak dan gasnya," kata Presiden Direktur Medco Hilmi Panigoro, dalam keterangan resminya.


"Peningkatan skala perusahaan, diversifikasi bisnis, dan peluang pertumbuhan bisnis secara gabungan akan menciptakan pemain migas regional terkemuka di Asia Tenggara dan semakin memperkuat posisi Medco sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam yang terintegrasi. Medco percaya logika strategis dan finansial yang kuat dari transaksi ini akan menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan."

Manajemen Medco menegaskan transaksi ini juga akan meningkatkan produksi perusahaan tahun ini sekitar 29% menjadi 110 juta barel oil equivalent per day (mboepd). Sebagai informasi, tahun ini Medco tahun ini dipatok sekitar 85 mboepd, dan ditambah dengan target produksi Ophir tahun ini sebanyak 25 mboepd, maka produksi menjadi 110 mboepd.

Harga saham MEDC sejak kemarin diserbu investor setelah Medco menawar kembali pembelian saham perusahaan migas di London, Ophir Energy Plc ini.

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pada penutupan perdagangan sesi I, saham MEDC naik 6,15% di level Rp 950/saham, dengan nilai transaksi Rp 53,14 miliar dan volume perdagangan 56,78 juta saham.
Dalam sepekan terakhir, saham MEDC 15,15% dan dalam tahun berjalan atau year to date saham MEDC naik 39%.
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading