Kemurahan, Medco Tawar Lagi Saham Ophir 55 Pence/Saham

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
29 January 2019 11:36
Kemurahan, Medco Tawar Lagi Saham Ophir 55 Pence/Saham
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), melalui anak usahanya Medco Energi Global Pte Ltd melakukan perpanjangan tenggat waktu pengajuan tawaran pembelian seluruh saham Ophir Energi Plc yang tercatat di Bursa Efek London.

Bahkan dengan periode perpanjangan hingga 31 Januari 2019 ini, perusahaan milik Arifin Panigoro ini menaikkan harga penawaran menjadi 55 pence per saham biasa Ophir. Sebelumnya diketahui Ophir Energy menolak tawaran Medco Energi Global untuk mengakuisisi seluruh saham perusahaan dengan nilai 48,50 pence.

"Perpanjangan tenggat waktu sehubungan dengan kemungkinan pengajuan tawaran untuk membeli efek perusahaan lain, yakni Ophir Energi," kata Direktur Medco Energi Internasional Anthony R Mathias, dalam keterbukaan informasi di BEI, Selasa (29/1/2019).

Ophir adalah perusahaan independen yang bergerak di bidang eksplorasi dan produksi hulu minyak dan gas dan tercatat di Bursa Efek London.

Dalam keterbukaan informasi itu, disebutkan bahwa sesuai permintaan Ophir, otoritas merger dan akuisisi di London, UK Takeover Panel, menyetujui perpanjangan tenggat waktu bagi Medco Global Pte Ltd untuk mengumumkan niat pasti untuk membuat penawaran saham Ophir, atau mengumumkan pengajuan penawaran untuk Ophir sampai dengan 31 Januari 2019.

"Pihak-pihak terkait telah bernegosiasi secara lebih lanjut dengan pandangan yang menyetujui transaksi yang direkomendasikan pada harga 55 pence per per saham biasa Ophir," tulis manajemen MEDC.

Tenggat waktu ini dapat diperpanjang dengan persetujuan dari Takeover Panel sesuai dengan permohonan Ophir. Dalam negosiasi ini Morgan Stanley & Co International Plc ditunjuk oleh Prudential Regulation Authority di London untuk bertindak sebagai penasehat keuangan.

Dalam keterangan resmi Medco, sebelumnya penawaran harga yang diajukan Medco yakni sebesar 48,50 pence untuk setiap lembar saham biasa Ophir, dalam bentuk tunai. Ini setara 340 juta poundsterling untuk 707 juta lembar saham, atau sama dengan Rp 6,13 triliun jika dikonversi ke rupiah.


(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading