Tambal Capex, XL Terbitkan Obligasi dan Sukuk Rp 2 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 January 2019 18:46
Tambal Capex, XL Terbitkan Obligasi dan Sukuk Rp 2 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan menerbitkan surat utang atau obligasi senilai total Rp 2 triliun. Obligasi ini paling lambat akan ditawarkan kepada investor pada awal Februari dengan kisaran bunga mulai dari 7,90%-10,00%.

Berdasarkan prospektus yang dirilis perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI), surat utang ini terdiri dari obligasi konvensional senilai Rp 1 triliun dan sukuk ijarah dengan nilai emisi yang sama.

Rencananya seluruh dana dari instrumen utang ini akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja modal (capital expenditure/capex) perusahaan.


Untuk obligasi, seri A memiliki nilai emisi senilai Rp 290 miliar dengan tingkat bunga 7,90% per tahun dengan tenor 370 hari.

Kemudian seri B senilai Rp 191 miliar dengan bunga 8,65% per tahun dan tenor 3 tahun. Seri C senilai Rp 40 miliar dan tingkat bunga sebesar 9,25% dan akan jatuh tempo setelah 5 tahun penerbitan.

Adapun seri D sebesar Rp 73 miliar dengan bunga 10% per tahun dan tenor selama 10 tahun. Sisa obligasi senilai Rp 406 miliar akan dijamin dengan kesanggupan terbaik (best effort).

Di sisi lain, sukuk ijarah akan diterbitkan sebanyak lima seri, terdiri dari seri A dengan jumlah yang ditawarkan Rp 351 miliar dengan imbalan Rp 27,72 miliar per tahun berjangka waktu 370 hari kalender.

Seri B ditawarkan senilai Rp 110 miliar, tingkat imbal hasil Rp 9,15 miliar per tahun dengan jangka waktu 3 tahun dan seri C dengan nilai emisi senilai Rp 132 miliar, memiliki imbal hasil Rp 12,21 miliar per tahun berjangka waktu 5 tahun.

Seri D senilai Rp 5 miliar dengan imbal hasil Rp 485 juta per tahun sepanjang 7 tahun dan seri E senilai Rp 23 miliar dengan imbal hasil Rp 2,30 miliar dan berjangka waktu 10 tahun.

Kedua instrumen investasi ini merupakan tahap kedua dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) sukuk dan obligasi XL Axiata dengan target penerbitan emisinya masing-masing senilai Rp 5 triliun.

Tahun lalu instrumen yang sama juga diterbitkan dengan total jumlah emisi masing-masingnya Rp 1 triliun.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi obligasi adalah CGS-CIMB Sekuritas, DBS Vickekrs Sekuritas Indonesia, Indo Premier Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Wali amanat untuk instrumen ini dipercayakan kepada Bank Mega.

Penawaran obligasi dan sukuk ini akan dilakukan pada 4-6 Februari 2019 dan ditargetkan dicatatkan di BEI pada 11 Februari 2019. (tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading