Ikuti Jejak Bursa Asia, Wall Street Akan Dibuka Menguat

Market - Anthony Kevin & Anthony Kevin & tahir saleh, CNBC Indonesia
18 January 2019 18:44
Ikuti Jejak Bursa Asia, Wall Street Akan Dibuka Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Wall Street di Amerika Serikat (AS) diprediksi dibuka menguat pada perdagangan hari ini. Kontrak futures Dow Jones mengimplikasikan kenaikan sebesar 64 poin, sementara S&P 500 dan Nasdaq Composite diimplikasikan naik masing-masing sebesar 5 dan 9 poin.

Wall Street akan mengekor bursa saham kawasan Asia yang pada hari ini berakhir di zona hijau. Sama seperti bursa saham Asia, sentimen positif bagi Wall Street datang dari aura damai dagang AS-China. Kemarin (17/1/2019), Kementerian Perdagangan China mengatakan bahwa Wakil Perdana Menteri Liu He yang merupakan tokoh penting dalam negosiasi dagang kedua negara akan berkunjung ke Washington pada 30 dan 31 Januari.

Liu He akan bertemu dengan dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer, tokoh penting lainnya dalam negosiasi dagang AS-China.


Bahkan, Wall Street Journal melaporkan bahwa beberapa orang sumber mengungkapkan Liu akan berdiskusi dengan Mnuchin mengenai kemungkinan penghapusan bea masuk untuk berbagai produk made in China. Walaupun kemudian dibantah oleh Kementerian Keuangan AS, pelaku pasar tetap menaruh harapan yang besar bahwa hal tersebut akan bisa direalisasikan.

Kemudian, aura perdamaian antara AS dengan musuh bebuyutannya yakni Korea Utara ikut memantik optimisme investor untuk memburu instrumen berisiko seperti saham. Pada hari ini, CNBC International melaporkan bahwa pejabat pemerintahan Korea Utara Kim Yong Chol telah sampai di Washington untuk menggelar diskusi dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

Diskusi ini digelar untuk membahas rencana pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Jika jadi digelar, maka pertemuan antara Trump dan Kim akan menjadi yang kedua setelah yang pertama digelar di Singapura pada tahun lalu.

Menurut seorang sumber CNBC International yang mengetahui masalah tersebut, Kim Yong Chol bisa mengunjungi Gedung Putih untuk bertemu langsung dengan Trump.

Pada pukul 21:05 WIB, anggota FOMC John Williams akan berbicara mengenai prospek perekonomian dan kebijakan moneter di New Jersey Bankers Association's Economic Leadership Forum.

Pada pukul 21:15 WIB, data pertumbuhan produksi industri periode Desember 2018 akan diumumkan, disusul oleh pembacaan awal untuk data indeks keyakinan konsumen (IKK) periode Januari 2019 versi University of Michigan pada pukul 22:00 WIB.

TIM RISET CNBC INDONESIA
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading