Internasional

Ketakutan Terbesar Sektor Perdagangan China: Proteksionisme

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
14 January 2019 16:35
Ketakutan Terbesar Sektor Perdagangan China: Proteksionisme
Beijing, CNBC Indonesia - Kantor kepabeanan China pada hari Senin (14/1/2019) mengatakan kekhawatiran terbesar bagi sektor perdagangan tahun ini adalah ketidakpastian luar negeri dan proteksionisme.

Otoritas tersebut memperkirakan pertumbuhan perdagangan Negeri Tirai Bambu bisa saja melambat di 2019.



Perekonomian China masih tumbuh stabil di 2019 namun ekonomi terbesar kedua di dunia itu menghadapi tantangan eksternal, kata juru bicara kepabeanan Li Kuiwen dalam briefing reguler dengan wartawan, dilansir dari Reuters.


Data ekonomi dari China sedang diawasi dengan ketat seluruh dunia untuk mengetahui apakah ada dampak negatif yang ditimbulkan dari perang dagang antara Washington dan Beijing.

Kantor kepabeanan baru saja mengumumkan angka neraca perdagangan China di Desember dan sepanjang 2018.

Ketakutan Terbesar Sektor Perdagangan China: ProteksionismeFoto: Aristya Rahadian Krisabella

Ekspor China secara keseluruhan pada bulan Desember turun 4,4% dibandingkan tahun sebelumnya. Ini adalah penurunan bulanan terbesar dalam dua tahun terakhir.

Impor China juga secara tak terduga mengalami kontraksi di Desember, turun 7,6%, yang merupakan penurunan terbesar sejak Juli 2016.



Penurunan itu menyebabkan China memiliki surplus perdagangan US$57,06 miliar pada Desember, lebih tinggi dibandingkan perkiraan analis, yaitu hanya US$51,53 miliar. Jumlah itu naik dari US$ 44,71 miliar yang tercatat di November.

Surplus perdagangan keseluruhan China untuk 2018 adalah US$351,76 miliar, kata pemerintah. Ekspor keseluruhan 2018 naik 9,9% dari 2017 sementara impor tumbuh 15,8% dibandingkan periode yang sama, menurut data resmi dalam mata uang dolar.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading