Bukan Awal Pekan Bahagia: Rupiah Terlemah Se-Asia!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 January 2019 16:44
Jakarta, CNBC Indonesia - Dibuka menguat, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah nyaris sepanjang hari. Berbagai sentimen negatif baik dari dalam dan luar negeri menjadi beban bagi langkah rupiah. 

Pada Senin (14/1/2019), rupiah mengakhiri perdagangan pasar spot dengan pelemahan 0,57% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu. Dolar AS dibanderol Rp 14.120. Ini menjadi kali pertama rupiah menyentuh level Rp 14.100/US$ sejak 9 Januari. 

Rupiah sebenarnya mengawali hari dengan baik, menguat 0,07%. Namun penguatan itu fana belaka, karena rupiah langsung terjerembab di zona merah tidak sampai 1 jam setelah pembukaan pasar spot. 



Seiring perjalanan pasar, rupiah terus melemah. Bahkan posisi terlemah rupiah hari ini sempat menyentuh Rp 14.140/US$. Berikut perjalanan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini: 

 

Nasib rupiah benar-benar apes hari ini. Membuka hari dengan penguatan, kemudian berbalik melemah, semakin melemah, dan menjadi mata uang terlemah di Asia. Ya, dalam hal melemah terhadap dolar AS, tidak ada mata uang Benua Kuning yang sedalam rupiah. 

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap mata uang Asia pada pukul 16:13 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading