Kejayaan Rupiah Terbentang dari Asia Hingga Eropa

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
07 January 2019 14:44
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat tajam di perdagangan pasar spot hari ini. Namun tidak hanya dolar AS, mata uang Asia dan Eropa pun tunduk terhadap kedigdayaan rupiah.

Pada Senin (7/1/2019), pukul 14:01 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.060. Rupiah menguat sampai 1,44% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Mayoritas mata uang Asia sejatinya menguat di hadapan dolar AS. Namun penguatan rupiah begitu mencolok karena tidak ada mata uang lain yang mampu menguat sampai 1%. Rupiah pun nyaman duduk di singgasana takhta raja Asia.


Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap sejumlah mata uang utama Asia pada pukul 14:04 WIB:



Keperkasaan rupiah tidak hanya di hadapan dolar AS. Terhadap mata uang Asia, rupiah pun berjaya. Bahkan melawan sebagian besarmata uang Benua Kuning, penguatan rupiah juga terlihat begitu tajam di kisaran 1%.

Berikut perkembangan nilai tukar mata uang Asia terhadap rupiah pada pukul 14:08 WIB:



Sementara di hadapan euro, rupiah menguat 0,86% pada pukul 14:25 WIB. Lalu melawan poundsterling, rupiah perkasa dengan apresiasi 1,19%. Kemudian terhadap franc Swiss, rupiah mampu melesat dengan penguatan 1,16%.


(TIM RISET CNBC INDONESIA)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading