Awal Tahun, Saham Telekomunikasi Mulai Diborong Investor

Market - hps, CNBC Indonesia
07 January 2019 14:05
Awal Tahun, Saham Telekomunikasi Mulai Diborong Investor
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham perusahaan telekomunikasi mulai menjadi incaran pelaku pasar. Sejak pekan lalu, pelaku pasar mulai banyak mengeluarkan rekomendasi untuk saham subsektor ini.

Harga saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) mulai menggeliat dan diburu investor. Ini membuat harga saham kedua emiten bergerak di zona hijau.

Harga saham Telkom pada sesi I naik 1,62% ke level harga Rp 3.770/saham. Pada saat yang sama harga saham XL Axiata menguat lebih tinggi 4,41%.

Analis Danareksa Sekuritas Niko Margaronis dalam riset yang dipublikasikan pekan lalu menyebutkan saat ini operator telekomunikasi sedang bersaing mengembangkan layanan 4G di luar wilayah Jawa. Ini membuat dampak positif terhadap peningkatan konsumsi data perusahaan.


"Ini penting untuk mengembalikan pertumbuhan pada 2019. Pertumbuhan tersebut sudah mulai tampak pada kuartal III-2018," sebut Niko dalam risetnya tersebut.

Pertumbuhan atau migrasi pelanggan, khusus untuk data akan lebih cepat 2019.

Saat ini, kontribusi pendapatan data XL Axiata mencapai 64% dari total pendapatan. Sementara untuk Telkom, kontribusi dari seluler, dari anak usaha Telkomsel, untuk terhadap pendapatan perseroan mencapai 54%. (hps/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading