Pemerintahan AS Terancam Tutup, Bursa Jepang ke Zona Merah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
21 December 2018 07:33
Pemerintahan AS Terancam Tutup, Bursa Jepang ke Zona Merah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Jepang dibuka melemah, Jumat (21/12/2018), di tengah kekhawatiran mengenai kemungkinan penutupan pemerintahan Amerika Serikat (AS) dan melambatnya perekonomian global.

Selain itu, penguatan yen juga ikut membebani pasar.

Indeks Nikkei 225 turun 0,45% menjadi 20.300,66 sementara indeks Topix melemah 0,48% ke 1.509,82 di awal perdagangan, AFP melaporkan.


Dini hari tadi, Wall Street kembali babak belur di hari kedua setelah bank sentral AS Federal Reserve mengumumkan kebijakan moneternya yang dipandang pelaku pasar belum cukup dovish.


Bayangan kemungkina penutupan pemerintahan (government shutdown) juga menjadi sentimen negatif bagi pasar AS.

Presiden Donald Trump hari Kamis mengatakan keamanan perbatasan harus menjadi bagian perumusan pendanaan pemerintahannya. Pernyataan ini meningkatkan ancaman penutupan sebagian aktivitas pemerintahan AS hari Sabtu.

Para anggota Partai Republik di House of Representatives AS berjuang mencoba merevisi rancangan yang sudah disetujui Senat untuk menenangkan Trump setelah ia mengatakan tidak akan menandatangani rancangan undang-undang anggaran tersebut, dilansir dari Reuters.

Drama anggaran negara ini terjadi sesaat sebelum para anggota dewan menjalani libur Natal mereka dan 36 jam sebelum pendanaan untuk lembaga-lembaga negara yang menangani kegiatan penegakan hukum federal, keamanan bandara, eksplorasi luar angkasa, dan program pertanian kadaluwarsa. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading