Seharian di Zona Merah, Rupiah Jadi yang Terlemah di Asia

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 December 2018 17:09
Jakarta, CNBC Indonesia - Malang betul nasib rupiah hari ini. Mata uang Tanah Air melemah di hadapan dolar AS, sekaligus menjadi mata uang dengan depresiasi terdalam di Asia. 

Pada Selasa (4/12/2018), US$ 1 kala penutupan pasar spot dibanderol Rp 14.285. Rupiah melemah 0,35% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Saat pembukaan pasar spot, rupiah sudah melemah 0,46%. Selepas itu, depresiasi rupiah sempat semakin dalam ke kisaran 0,5%. 



Namun itu tidak bertahan lama karena perlahan pelemahan rupiah kembali menipis. Setelah tengah hari, rupiah cenderung minim dinamika dan terus bertahan di zona merah. Ya, rupiah tidak pernah menguat sepanjang hari ini. 

Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah: 

 

Kawan rupiah hari ini tidak banyak, hanya peso Filipina, dolar Taiwan, dan rupee India yang senasib yaitu sama-sama melemah di hadapan dolar AS. Sedangkan mata uang Asia lainnya mampu menguat. 

Dengan pelemahan 0,35%, rupiah bahkan menjadi mata uang paling lemah di Asia hari ini. Setelah mengalami penguatan 3 hari beruntun, rupiah harus rela menerima kenyataan terhempas ke dasar klasemen mata uang Benua Kuning. 


Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia pada pukul 16:25 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading