Sah! Aturan Indeks LQ45 & IDX30 Baru Berlaku Februari 2019

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 November 2018 07:08
Sah! Aturan Indeks LQ45 & IDX30 Baru Berlaku Februari 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi menyempurnakan metode Indeks LQ45 dan IDX30 dengan menerapkan kapitalisasi pasar free float. Sebelumnya metode yang digunakan rata-rata tertimbang atas kapasitas pasar atau market capitalization weighting.

Dalam surat edaran BEI tertanggal 23 November 2018, alasan penyempurnaan metode ini untuk lebih menggambarkan kondisi pasar sesungguhnya. "Selain itu mengurangi dominasi suatu saham dalam perhitungan indeks," ujar BEI dalam surat edarannya

Sebelumnya, metode yang digunakan pada indeks LQ45 dan IDX30 adalah capitalization-weighted index, dimana bobot sebuah saham akan ditentukan dengan membagi kapitalisasi pasarnya dengan total kapitalisasi pasar dari seluruh saham pembentuk indeks. Kapitalisasi pasar dengan metode capitalization-weighted index didapatkan dengan mengalikan seluruh saham yang beredar dengan harganya di pasar sekunder.


Pada Februari 2019 nanti, metode yang akan digunakan adalah free float adjusted index. Melalui metode ini, kapitalisasi pasar didapatkan dengan mengalikan free float (total saham scripless yang dimiliki oleh investor dengan kepemilikan kurang dari 5%) dengan harganya di pasar sekunder. Kemudian, angka ini dibagi dengan total kapitalisasi pasar free float dari seluruh saham pembentuk indeks untuk mendapatkan bobotnya.

Dengan metode ini maka akan dilakukan pembatasan bobot suatu saham dalam indeks paling tinggi 15%. BEI juga akan melakukan evaluasi indeks LQ45 dan IDX30 setiap 3 bulan.

"Apabila terdapat perubahan rasio free float dan terjadi aksi korporasi yang menyebabkan perubahan kapitalisasi pasar free float pada suatu saham secara kumulatif di atas 10% maka akan dilakukan evaluasi insidental paling lambat 5 hari bursa sebelum efektif," ujar BEI.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading