Sekarang Stance BI Masih Hawkish, Bagaimana Tahun Depan?

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
21 November 2018 11:01
Sekarang Stance BI Masih Hawkish, Bagaimana Tahun Depan?
Jakarta, CNBC IndonesiaBank Indonesia (BI) menegaskan, sikap (stance) kebijakan yang saat ini ditempuh bank sentral masih hawkish sebagai salah satu upaya mempertahankan daya tarik pasar keuangan domestik.

Lantas, bagaimana sikap yang akn ditempuh bank sentral tahun depan?


"Kami akan tetap melihat data dependent," kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo, Rabu (21/11/2018).



"Bagaimana kondisi global dan domestiknya, outlook seperti apa kita harus lihat. Apa risiko untuk inflasi dan nilai tukar. Itu yang akan menetapkan stance kebijakak berubah," sambung Dody.


Menurut Dody, dinamika ketidakpastian ekonomi global masih akan berlanjut tahun depan. Mulai dari tensi perang dagang, sampai dengan pengetatan likuiditas global yang kemungkinan masih terjadi hingga tahun depan.


Belum lagi, ditambah dengan rencana bank sentral Eropa yang akan mengerek bunga acuannya setelah dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi tersebut, tentu akan memberikan pengaruh terhadap likuiditas global.


"Konteks normalisasi kebijakan suku bunga tinggi masih akan terjadi sampai tahun depan," kata Dody.


Maka dari itu, bank sentral ditegaskan Dody, akan tetap hati-hati dalam menentukan arah kebijakan moneter yang ditempuh tahun depan, dalam menyikapi perkembangan yang terjadi di perekonomian global.

[Gambas:Video CNBC]


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading