Asing Beli Saham Merdeka Copper di Pasar Nego Rp 220,5 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
14 November 2018 16:03
Transaksi tersebut membuat harga saham MDKA naik 1,07% ke level Rp 2.830/saham.
Jakarta, CNCB Indonesia - Investor asing pada perdagangan hari ini tercatat memborong saham PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) pada perdagangan hari ini.

Berdasarkan data perdagangan saham, pemodal asing tercatat membukukan beli bersih (net buy) senilai Rp 220,5 miliar. Transaksi pembelian tersebut terjadi di pasar negosiasi.

Nilai transaksi per saham tercatat senilai Rp 2.450/saham dari total 90 juta saham yang dijual-belikan atau setara 2,16% dari total yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia. Transaksi tersebut difasilitasi oleh perusahaan efek PT Indo Premie Sekuritas.

Transaksi tersebut membuat harga saham MDKA naik 1,07% ke level Rp 2.830/saham.


Akhir September silam, MDKA menyampaikan meraih dana segar senilai Rp 1,33 triliun melalui penerbitan saham baru (rights issue) yang dilakukan perseroan. Seluruh saham yang baru terbit mencapai 594,93 juta saham diserap seluru oleh para pemegang saham MDKA.

PT Provident Agro Tbk (PALM) yang bertindak sebagai standby buyer (pembeli siaga) gagal untuk menyerap seluruh saham yang diterbitkan MDKA. Penyerapan saham yang tersisa tersebut rencananya akan dilakukan melalui anak usaha PALM yakni PT Sawarna Arta Mandiri (SAM).

Sementara itu, sebelum perubahan jumlah transaksi rights issue, perseroan sempat menargetkan untuk menerbitkan saham sebanyak 933,33 juta unit saham senilai US$ 150 juta atau Rp 2,12 triliun.

Sehingga sisa dari jumlah saham tersebut akan diterbitkan perseroan hingga jangka waktu yang telah disediakan yakni hingga 2019 mendatang. Pada 21 September 2018, juga terdapat transaksi crossing saham MDKA senilai Rp 662,28 miliar.
(hps/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading