Yuk! Mengenal Indeks MSCI yang Buat Saham PTBA & TKIM Melesat

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
14 November 2018 11:56
Yuk! Mengenal Indeks MSCI yang Buat Saham PTBA & TKIM Melesat
Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan Saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) pada hari ini patut diacungi jempol. Hingga pukul 11:30 WIB, harga saham PTBA melejit 5,38% ke level Rp 4.900/saham, sementara TKIM meroket 7,4% ke level Rp 11.975/saham.

Aksi beli investor dipicu oleh masuknya kedua saham tersebut ke dalam MSCI All Country World Index (ACWI) yang berlaku efektif pada 30 November 2018.

Namun, apa itu MSCI ACWI sehingga masuknya PTBA dan TKIM ke dalam indeks tersebut sudah cukup untuk mengerek harganya naik begitu tinggi?

MSCI Inc. (Morgan Stanley Capital International) merupakan penyedia indeks saham dan obligasi terkemuka dunia. Indeks saham yang mereka racik banyak dijadikan acuan oleh para manajer investasi dunia dalam mengelola dana nasabahnya.


Khusus untuk MSCI ACWI, indeks ini merupakan indeks saham global flagship racikan MSCI Inc. yang menggambarkan pergerakan bursa saham dunia dengan menggunakan 2.791 saham berkapitalisasi pasar sedang-besar yang tersebar di 23 negara maju dan 24 negara berkembang sebagai konstituennya, seperti dilansir dari factsheet MSCI ACWI periode September 2018.

Per akhir September 2018, total kapitalisasi pasar dari MSCI ACWI adalah senilai US$ 46,8 triliun atau setara dengan Rp 690.300 triliun.

Selain MSCI ACWI, MSCI membuat 2 indeks saham lainnya guna semakin menyediakan peluang investasi bagi para manajer investasi. 2 indeks saham tersebut adalah MSCI ACWI Investable Market Index (IMI) dan MSCI ACWI All Cap Index.

Per Juni 2018, total dana sebanyak lebih dari US$ 4,1 triliun (Rp 60.475 triliun) diinvestasikan dengan menggunakan deretan MSCI ACWI sebagai acuannya.

Ketika rebalancing resmi berlaku pada 30 November 2018, para manajer investasi akan mengatur ulang portfolio yang menggunakan MSCI ACWI sebagai acuan dengan memasukkan saham PTBA dan TKIM.

Mengingat besarnya dana kelolaan yang terkait dengan deretan MSCI ACWI, aksi beli atas saham PTBA dan TKIM kemungkinan besar akan berlangsung masif, sehingga harga sangat mungkin terkerek naik signifikan.

Guna mengantisipasi hal tersebut, investor melakukan aksi beli dari saat ini juga.

Tak hanya investor domestik, investor asing pun tak mau ketinggalan mencicipi cuan dari saham PTBA dan TKIM. Hingga berita ini diturunkan, investor asing mengoleksi saham PTBA senilai Rp 54,4 miliar, sementara TKIM dikoleksi senilai Rp 19,4 miliar.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading