Perhatian! 6 Saham Ini Berpotensi Masuk MSCI

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
13 March 2019 18:56
Perhatian! 6 Saham Ini Berpotensi Masuk MSCI
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Japfa Comfeed Tbk (JPFA) dan lima saham lain dikabarkan berpotensi masuk ke dalam indeks MSCI. 

"Berikut informasi terkini terkait potensi saham penambahan baru dalam MSCI bulan Mei," ujar informasi yang beredar di lingkungan pedagang saham hari ini (13/3/19). 

MSCI adalah indeks yang dibuat oleh MSCI Inc, yang awalnya dimiliki oleh perusahaan investasi global Morgan Stanley.  


Untuk saham emiten Indonesia sendiri, MSCI memiliki beberapa indeks yang isinya tidak diumumkan secara luas kecuali klien yang membayar untuk memanfaatkan indeksnya untuk kepentingan pengelolaan investasi, yaitu untuk dijadikan basis reksa dana. 

Selain emiten pakan ternak JPFA, lima saham lain yang dikabarkan akan masuk daftar saham di dalam MSCI adalah PT Sarana Menara Nusantara (TOWR), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), PT Ace Hardware Tbk (ACES), dan PT Barito Pacific Tbk (BRPT). 

JPFA adalah perusahaan yang didirikan oleh Teguh Santosa dan saat ini dikelola oleh generasi keduanya yaitu Handojo Santosa.  

TOWR adalah emiten menara base transmitter station (BTS) milik keluarga Hartono, pendiri Grup Djarum. 

FREN adalah emiten telekomunikasi milik Grup Sinarmas, transformasi dari PT Mobile-8 Telecom Tbk yang dulunya dimiliki Grup MNC yang sempat booming 20 tahun lalu sebagai operator Esia. 

AMRT adalah jaringan minimarket ritel milik keluarga Djoko Susanto dengan merek Alfamart, Alfa Express, Alfamidi, Alfamidi Dangdan, dan Lawson. 

ACES adalah jaringan toko perkakas dan kebutuhan peralatan rumah tangga yang memiliki merek inhouse Krisbow. 

BRPT merupakan perusahaan milik Prajogo Pangestu yang bergerak di industri chemical dan energi yang didirikan dengan nama PT Bumi Raya Mas Kalimantan yang dulunya punya bisnis kayu hutan.  


EmitenKode SahamHarga Saham (Rp)Kapitalisasi pasar (triliun rupiah)
Sarana Menara Nusantara Tbk, PTTOWR80040,81
Smartfren Telecom Tbk, PTFREN33056,46
Sumber Alfaria Trijaya Tbk, PTAMRT90537,57
Ace Hardware Tbk, PTACES1,81031,04
Japfa Comfeed Tbk, PTJPFA2,40028,14
Barito Pacific Tbk, PTBRPT3,02053,73
Sumber: Diolah 


TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading