Ini Pemilik GarudaFood, yang Sahamnya Diborong Asing Rp 1 T

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
08 November 2018 11:58
Ini Pemilik GarudaFood, yang Sahamnya Diborong Asing Rp 1 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Garudafood Putra Putri Tbk (GOOD) sedang menjadi perhatian investor pasar modal. Penyebabnya, dalam dua hari terakhir investor asing memborong saham perusahaan nyaris Rp 1 triliun.

Investor asing memborong saham GOOD melalui pasar negosiasi. Kemarin (7/11/2018), investor asing memborong saham GOOD sebesar Rp 633 miliar. Sementara hingga pukul 11:11 WIB, investor asing memborong Rp 284,67 miliar.

Besarnya investor asing yang masuk menimbulkan spekulasi akan adanya investor strategis yang bakal masuk ke Garuda Food.



Asal tahu saja, Garuda Food adalah emiten baru di bursa. Garuda Food mencatatkan saham di bursa pada awal Oktober lalu. Garudafood menerbitkan saham baru sebanyak 762,84 juta atau setara 10,34% saham dengan harga Rp 1.284 per lembar.

Garuda Food berkembang pesat setelah tampuk pimpinan diserahkan kepada Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto (AWS). Berkat tangan Sudhamek, Garuda Food berhasil menjadi salah satu perusahaan produk kacang-kacangan yang sudah ekspansi ke pasar luar negeri.

Dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2017 yang dipublikasikan Forbes, Sudhamek menempati peringkat ke 38 dengan total kekayaan US$810 juta atau setara Rp 11,91 triliun (asumusi US$1 = Rp 14.700). Saat ini Sudhamek menduduki jabatan presiden komisaris Garuda Food.

Selain aktif mengembangkan GarudaFood, Sudhamek juga akif di pemerintahan. Alumni Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga ini merupakan anggota dewan pengarah UKP Pembinaan Ideologi Pancasila dan Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional.


(roy/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading