BCA Mau Akuisisi 2 Bank Kecil, Ini Progresnya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
25 October 2018 17:07
Manajemen masih belum bisa memastikan finalisasi akuisisi tersebut meskipun sempat diutarakan akan selesai akhir 2018.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih enggan membuka tabir finalisasi rencana akuisisi bank. Manajemen masih belum bisa memastikan finalisasi akuisisi tersebut meskipun sempat diutarakan akan selesai akhir 2018.

Wakil Presiden Direktur BCA, Eugene Keith Galbraith, mengatakan proses akuisisi masih berlangsung tetapi belum bisa dinyatakan selesai. "Sampai tanggal 31 Desember 2018 jam 12 malam pun kami belum bisa memastikan kapan proses selesai," kata Galbraith.

Dia hanya menyampaikan, BCA masih terus menjalani proses akuisisi tersebut. "Kami hanya bisa memastikan bahwa proses yang berjalan efisien dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambanya.


Spekulasi seputar rencana BCA mengakusisi salah bank lokal sudah merebak sejak awal tahun. Direktur Keuangan BCA, Vera Eva Lim, membenarkan akan mengakusisi dua bank BUKU I atau BUKU II.
Paparan Kinerja Kuartal III BCAFoto: Analyst Meeting BCA (CNBC Indonesia/Monica Wareza)
Paparan Kinerja Kuartal III BCA
Vera menjelaskan, terus melakukan komunikasi dengan regulator atau Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sampai saat ini proses tersebut terus berjalan.

Terkait lamanya proses akuisisi, Vera menjelaskan, bahwa BCA butuh waktu untuk mempelajari bisnis model dari bank yang akan diakusisi dan harus lebih hati-hati.

"Proses masih sesuai dengan waktu yang kami harapkan. Kalau dalam proses akuisisi itukan ada dua pihak dan juga ada regulator. Jadi memang butuh waktu dan kami juga harus mengetahui profil bisnis dari bank yang akan diakuisisi," kata Vera saat wawancara dengan CNBC TV Indonesia.

Beberapa waktu lalu, manajemen BCA sempat menyampaikan finalisasi proses akuisisi satu bank kecil pada akhir tahun ini. Namun proses akuisisi sebenarnya sulit dirampungkan tahun ini lantaran terkendala aturan OJK yang mengharuskan perusahaan publik menggunakan laporan keuangan yang telah diaudit untuk aksi korporasi.

(hps/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading