Commonwealth Life Dilepas Ke FWD Group, Ini Respons OJK

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
23 October 2018 16:49
Commonwealth Life Dilepas Ke FWD Group, Ini Respons OJK
Jakarta, CNBC Indonesia - Commonwealth Bank of Australia (CBA) mengumumkan pelepasan 80% kepemilikan sahamnya di Commonwealth Life kepada FWD Group dengan nilai transaksi mencapai US$ 300 juta (Rp 4,6 triliun).

Dalam rilis yang disampaikan Presiden Direktur Commonwealth Bank dan Executive General Manager Indonesia Lauren Sulistiawati hari ini, transaksi diperkirakan akan selesai dalam semester pertama tahun 2019 dan tergantung pada persetujuan otoritas terkait di Indonesia yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Ketika dihubungi CNBC Indonesia, pihak OJK hingga saat ini belum menerima secara resmi permintaan perizinan persetujuan aksi tersebut.


Juru Bicara OJK Sekar Putih Djarot mengatakan bahwa pengajuan secara formal juga belum disampaikan oleh pihak Commonwealth Life maupun FWD.

"Hingga saat ini belum ada pengajuan resmi dari Commonwealth maupun dari FWD terkait aksi korporasi tersebut, jadi kami belum terinformasi secara formal," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Rabu (23/10/18).

Sebagai tambahan informasi, pelepasan Commonwealth Life sejalan dengan rencana divestasi bisnis asuransi jiwa yang telah diumumkan CBA. Pada bulan September lalu CBA mengatakan akan menjual anak usaha asuransi jiwa CommInsure kepada perusahaan asuransi AIA pan-Asia.

FWD dimiliki oleh miliuner Hong Kong Richard Li yang memiliki Pacific Century Group dan menjangkau Hong Kong dan Makau, Thailand, Indonesia, Filipina, Singapura, Vietnam, dan Jepang, menawarkan asuransi jiwa dan medis, asuransi umum, dan tunjangan karyawan di sejumlah pasarnya.

Sedangkan Commonwealth Life telah memiliki kantor di 20 kota besar di Indonesia, melayani lebih dari 400.000 pelanggan individu dan kelompok.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading