Mengekor Koreksi Harga Minyak, Harga CPO Amblas 1%

Market - Raditya Hanung, CNBC Indonesia
18 October 2018 13:51
Harga CPO kontrak acuan di Bursa Derivatif Malaysia amblas 1,28% ke level MYR 2.232/ton pada penutupan sesi I hari ini
Jakarta, CNBC IndonesiaHarga minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) kontrak acuan di Bursa Derivatif Malaysia amblas 1,28% ke level MYR 2.232/ton pada perdagangan hari ini Kamis (18/10/2018) hingga pukul 11.30 WIB, atau penutupan perdagangan sesi I.

Harga komoditas agrikultur unggulan Indonesia dan Malaysia ini memutus pelemahan secara 2 hari berturut-turut sebelumnya. Faktor yang menjadi pemberat harga CPO hari ini adalah koreksi harga minyak dunia dan minyak kedelai pada perdagangan overnight.




Pada penutupan perdagangan kemarin, harga minyak jenis Brent yang menjadi acuan di Eropa terkoreksi hingga 1,67%, sementara harga minyak light sweet yang menjadi acuan di Amerika Serikat (AS) anjlok hingga 3,02%.

Sentimen negatif yang membayangi harga sang emas hitam kemarin datang dari melambungnya cadangan minyak mentah di Negeri Paman Sam. Mengutip data resmi dari US Energy Information Administration (EIA), cadangan minyak mentah AS naik 6,5 juta barel pada pekan lalu, hampir tiga kali lipat lebih besar dari ekspektasi pasar. Peningkatan ini juga menjadi kenaikan selama 4 pekan berturut-turut.

Penurunan harga minyak dunia memang cenderung menekan harga CPO. Biofuel merupakan salah satu substitusi utama bagi bahan bakar minyak (BBM). Saat harga minyak dunia anjlok, produksi biofuel menjadi kurang ekonomis. Hal ini lantas menjadi sentimen menurunnya permintaan CPO sebagai bahan baku biofuel.

Kemudian, harga minyak kedelai kontrak acuan di Chicago Board of Trade (CBoT) juga turun 0,61% pada perdagangan overnight. Harga komoditas agrikultur unggulan Amerika Serikat (AS) ini lantas sudah melemah 3 hari berturut-turut.

Seperti diketahui, harga CPO dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lainnya, seiring mereka bersaing memperebutkan pangsa pasar minyak nabati global. Ketika harga minyak kedelai turun, kecenderungannya adalah harga CPO akan ikut melemah. 

(TIM RISET CNBC INDONESIA)



(RHG/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading