Internasional

Bos The Fed Isyaratkan Kenaikan Bunga Acuan Lagi

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 October 2018 11:28
Bos The Fed Isyaratkan Kenaikan Bunga Acuan Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Federal Reserve/ The Fed, Jerome Powell, mengatakan bank sentral masih berada jauh dari kondisi di mana suku bunga acuannya tidak ketat sekaligus tidak akomodatif.

Dalam sesi tanya jawab hari Rabu (3/10/2018) dengan Judy Woodruff dari PBS, Powell mengatakan The Fed tidak lagi memerlukan kebijakan yang digunakan untuk menyelamatkan perekonomian dari krisis keuangan, dilansir dari CNBC International.

[Gambas:Video CNBC]
"Suku bunga acuan rendah yang sangat akomodatif yang kita perlukan ketika perekonomian dalam kondisi lemah, kita tidak memerlukannya lagi saat ini. Kebijakan itu tidak lagi sesuai," ujarnya.


"Suku bunga masih akomodatif, namun kami secara bertahap bergerak menuju posisi di mana bunga acuan akan netral," tambahnya. "Kami mungkin akan melewati posisi [suku bunga] netral, namun kita masih jauh dari netral, mungkin."

Pertanyaan mengenai bunga acuan netral sangat penting bagi pembuatan kebijakan The Fed. Para pejabat telah berdebat selama bertahun-tahun mengenai di mana level netral tersebut, dengan konsensus The Fed yang berada di sekitar 3%.

Bunga acuan The Fed saat ini berada di kisaran 2%-2,25% sementara proyeksi terbaru yang dirilis pekan lalu memberi sinyal komite pembuat kebijakan The Fed, Federal Open Market Committee (FOMC), sepertinya akan menaikkan suku bunga hingga 3,4% sebelum akhirnya menahan bunga acuan.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading