Hamdi Hassyarbaini Jadi Komisaris Utama Pefindo Biro Kredit

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
25 September 2018 20:30
Hamdi Hassyarbaini Jadi Komisaris Utama Pefindo Biro Kredit
Jakarta, CNBC Indonesia - Mantan direktur PT Bursa Efek Indonesia Hamdi Hassyarbaini diangkat menjadi komisaris utama PT Pefindo Biro Kredit. 

Pengangkatan tersebut terjadi dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) perseroan, tulis manajemen perusahaan dalam rilis hari ini (25/9/18). 

Hamdi merupakan mantan direktur pengawasan dan kepatuhan anggota bursa Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018 dan sebelumnya menjabat sebagai direktur keuangan dan sumber daya manusia Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. 


Sebelumnya, dia meniti karir di internal otoritas bursa sebagai Kepala Divisi Keuangan dan Kepala Divisi Pengawasan Transaksi dan sempat menjadi direktur di PT DBS Vickers Securities Indonesia pada 2011-2012.

Dia merupakan lulusan jurusan akuntansi dari Universitas Indonesia pada 1986 dan magister manajemen dari universitas yang sama pada 1991. 

Selain Hamdi, Pefindo Biro Kredit juga memiliki komisaris yang lain yaitu Endang Kussulanjari Tri Subari yang merupakan mantan kepala departemen pengawasan perbankan Bank Indonesia. 

Selain mengangkat Hamdi, RUPSLB Pefindo Biro Kredit juga mengangkat Djoko Saptono sebagai direktur. Sebelumnya Djoko Saptono merupakan VP dan Senior Researcher Pasar Modal Bursa Efek Indonesia. 

"Manajemen baru diharapkan dapat lebih mendorong percepatan pertumbuhan bisnis ke depan sesuai perkembangan usaha yang semakin dinamis," ujar Direktur Utama Pefindo Biro Kredit Yohanes Arts Abimanyu dalam rilis. 

Pefindo Biro Kredit adalah Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau biro kredit yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang didirikan berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan. 

Perseroan didirikan pada 10 November 2014 dan mulai beroperasi secara komersiap sejak Maret 2017. 

Susunan pemegang saham perseroan saat ini adalah PT Pemeringkat Efek Indonesia, PT Pegadaian, PT Taspen, PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Consumer Information Consulting, dan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI). 

Berikut susunan lengkap direksi dan komisaris Pefindo Biro Kredit: 

Dewan Komisaris
Komisaris Utama: Hamdi Hassyarbaini
Komisaris: Endang Kussulanjari Tri Subari 

Direksi
Direktur Utama: Yohanes Arts Abimanyu
Direktur: Mohammad Mukhlis
Direktur: Djoko Saptono  


TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading