Rupiah Sepekan: Dari Neraca Dagang ke Crazy Rich Surabayan

Market - Alfado Agustio, CNBC Indonesia
22 September 2018 06:56
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah sepanjang perdagangan sepekan ini
Pelemahan rupiah menjadi perhatian masyarakat tak terkecuali pihak pengusaha. Para “crazy rich” di daerah Surabaya melakukan aksi tukar dolar guna meredam pelemahan rupiah.

Hal ini terjadi pada Kamis Malam (20/9/2018) bertempat di hotel Majapahit, Forum Komunikasi Asosiasi Pengusaha (Forkas) Jawa Timur melakukan penukaran dolar yang dimiliki hingga mencapai US$ 50 juta. Aksi ini mendapat pujian dari berbagai pihak, termasuk Bank Indonesia (BI).

"Ini satu hal yang menunjukkan patriotisme. Nilai US$50 juta itu cukup besar untuk menstabilkan rupiah," ungkap Difi Ahmad Djohansyah, Kepala Perwakilan BI Jawa Timur.


Selain itu, perkembangan perang dagang mulai mendingin ikut memberikan imbas positif bagi pasar keuangan negara-negara emerging market. Praktis setelah China mengeluarkan statement berupa tarif balasan pada Rabu (19/9/2018), belum ada lagi statement dari kedua belah pihak.

Situasi ini menimbulkan penilaian jika perang dagang sedikit mereda. Bahkan Larry Kudlow, Penasihat Ekonomi Trump mengatakan, pihak AS siap kapanpun untuk berunding serius dengan China guna menghilangkan berbagai hambatan dalam hubungan dagang.
 
Hal tersebut ikut memicu aliran modal asing kembali masuk ke pasar saham Indonesia. Terhitung sejak Kamis hingga Jumat kemarin, aksi beli bersih investor asing mencapai Rp 1,35 Triliun.
 
Namun, kondisi positif ini rupanya tidak mampu menolong mata uang tersebut untuk menguat pada pekan ini. Terlebih tekanan hebat di awal pekan, tidak mampu diimbangi oleh sentimen positif di akhir pekan.

[Gambas:Video CNBC]
Bagaimana di Kawasan ASEAN? Apakah Rupiah Jadi Mata Uang Terlemah ?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading