Ekspansi Gerai, Hartadinata Akan Terbitkan MTN Rp 300 M

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
14 September 2018 13:46
Ekspansi Gerai, Hartadinata Akan Terbitkan MTN Rp 300 M
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) berencana untuk menerbitkan surat utang jangka pendek (medium term notes/MTN) pada semester II tahun ini yang diperkirakan senilai Rp 300 miliar.

Direktur Utama Perseroan Sandra Sunanto mengatakan nantinya dana hasil dari penerbitan MTN tersebut akan digunakan untuk penambahan gerai baru (toko) emas miliknya selama tiga tahun mendatang.

"Kami targetkan jadi 100 gerai, sebenarnya kami inginnya sekarang-sekarang ini cuman di hold dulu karena kondisi pasar, suku bunga kan naik. Mungkin sampai before end of this year targetnya," ujar Sandra di Millenium Hotel, Jumat (14/9/18).


Lebih lanjut, untuk tahun ini perseroan menargetkan untuk membuka 5 toko emas baru (Toko ACC) di berbagai kota di luar Pulau Jawa. Saat ini perseroan sudah mengoperasikan sekitar 32 toko yang terdiri dari 28 Toko Emas ACC dan 4 Toko Claudia dan Celine.

Sementara itu, perseroan juga berencana untuk menambah satu toko baru di 2018, untuk menambah porsi kepemilikan 7 toko yang dimilikinya saat ini bekerja sama dengan salah satu ritel konvensional (Matahari Department Store).

"Jadi kami menjajaki kota yang belum ada gerai ACC, namun sebelumnya memang sudah ada dijual lewat penjualan grosir. Namun kan nanti ACC punya desain sendiri jadi beda-beda lah," tambahnya.

Lebih lanjut, ekspansi bisnis perseroan di bidang penjualan dan perdagangan emas merupakan salah satu potensi dari tingginya permintaan akan produk tersebut di Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan profit yang diterima perseroan pada setengah tahun pertama di 2018. Yakni laba yang tumbuh 15,1% year on year (YoY) serta pendapatan usaha yang meningkat 12,6% YoY.

Pada tahun ini perseroan menargetkan pertumbuhan pendapatan usaha tumbuh 20% serta laba bersih yang turut meningkat sebesar 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Belum Berencana Perluas Bisnis di E-Commerce

Sementara itu, HRTA hingga saat ini belum terlalu tertarik untuk memperluas usaha bisnisnya melalui penjualan melalui e-commerce khususnya kepada end user.

Walaupun perseroan telah meluncurkan layanan penjualan dan distribusi berbasis e-commerce pada akhir tahun lalu (www.hrta.store), namun basis penjualan masih ditujukan kepada wholesaller maupun retailer.

"Kalau end user itu kami masih masuknye lewat retailer itu, karena kan sifatnya pelanggan itu beli emas melihat barang, lalu ada kepentingan untuk jual lagi dan kami harus terima buyback nah itu ga semudah kalau kami lakukan di e-commerce," ujar Sandra.

"Makanya kalau kita lihat di e-commerce lainnya itu tidak terlalu booming, karena bedan kalau misalnya jualan sepatu atau pakaian salah beli ya sudah dibiarkan dan harganya juga tidak seberapa. Lain dengan menjual emas," tambahnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading