Isu Perang Dagang Kembali Bikin Galau Bursa Eropa

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 September 2018 06:28
Isu Perang Dagang Kembali Bikin Galau Bursa Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup bervariasi pada perdagangan hari Senin (3/9/2018) di tengah meningginya kekhawatiran investor akan perang dagang Amerika Serikat (AS)-China yang makin panas.

Indeks FTSE 100 di London melompat 0,97% ke posisi 7.504,6, indeks DAX di Frankfurt melemah 0,14% ke 12.346,41, sementara indeks CAC 40 di Paris bertambah 0,13% menjadi 5.413,8.



Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup naik tipis 0,07% dengan seluruh sektor berada di posisi yang berbeda, CNBC International melaporkan.


Bursa saham AS sendiri libur pada hari Senin untuk memperingati Hari Buruh.

Saham-saham pabrikan mobil Eropa mencatatkan kinerja terburuk hari Senin dan turun 1% menyusul ketegangan perdagangan global yang terus membayangi. Pekan lalu, Uni Eropa mengatakan akan merespons bila Presiden AS Donald Trump mengingkari janjinya untuk tidak mengenakan bea masuk terhadap mobil-mobil Eropa.

Pabrikan mobil Faurecia, Porsche, dan Volkswagen semuanya melemah lebih dari 1,5%.

Pasar juga mencemaskan ketidakstabilan berbagai mata uang negara berkembang setelah aksi jual peso Argentina dan lira Turki terjadi bulan lalu.

Selain itu, belum tercapainya kesepakatan dagang antara AS dan Kanada juga ikut menjadi sentimen pasar Eropa hari Senin. Awalnya, para pelaku pasar berharap kesepakatan itu dapat dicapai hari Jumat pekan lalu. Namun, pembicaraan ternyata dilanjutkan hari Rabu pekan ini karena beberapa hal belum disepakati kedua negara.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading