Ketegangan Dagang Mereda, Wall Street Lanjutkan Reli

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
29 August 2018 06:29
Ketegangan Dagang Mereda, Wall Street Lanjutkan Reli
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Amerika Serikat (AS) ditutup di zona positif pada perdagangan hari Selasa (28/8/2018) didorong membaiknya proyeksi perdagangan global setelah AS dan Meksiko mencapai kesepakatan dagang.

Indeks S&P 500 menguat tipis 0,03% menjadi 2.897,52 namun berhasil mencetak rekor menembus 2.900 untuk kali pertama dalam sejarah. Nasdaq Composite juga menyentuh rekor tertinggi dengan kenaikan 0,1% ke posisi 8.030,04. Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,06% ke 26.064,02.



Di perdagangan sebelumnya, Wall Street juga mencatatkan reli dengan S&P 500 dan Nasdaq mencapai posisi rekor.


AS dan Meksiko pada hari Senin mengumumkan telah mencapai kesepakatan yang akan menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang beranggotakan kedua negara plus Kanada.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kesepakatan baru itu akan bernama Perjanjian Perdagangan Amerika Serikat-Meksiko yang akan berlaku selama 16 tahun dengan kajian ulang setiap enam tahun sekali. Perundingan dengan Kanada belum dimulai namun Trump telah mengindikasikan dirinya terbuka untuk berbicara dengan Kanada, CNBC International melaporkan.



Trump telah berulang kali mengritik NAFTA dan menyebutkan kesepakatan dagang terburuk yang pernah ada. Pada hari Senin ia mengatakan "Nama NAFTA memiliki konotasi negatif sebab Amerika Serikat sangat dirugikan oleh NAFTA." (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading