Cari Utangan Lagi Susah, Ini Strategi Sri Mulyani

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 August 2018 - 17:55
Cari Utangan Lagi Susah, Ini Strategi Sri Mulyani
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah akan menggunakan skema private placement atau penempatan langsung (tanpa lelang) untuk menutup defisit anggaran tahun ini

Hal tersebut dikemukakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai menghadiri sidang paripurna di gedung parlemen, Selasa (28/8/2018). Skema ini, akan dilakukan pada semester II-2018.

"Kalau memang appetite dari market maupun dari private placement cukup bagus, itu akan dipakai untuk sumber yang mengoptimalkan penerbitan SBN," kata Sri Mulyani.




Sri Mulyani memahami, di tengah ketidakpastian ekonomi global, pemerintah perlu mencari sumber-sumber alternatif pembiayaan untuk menutup defisit anggaran.

"Kami akan terus cari alternatif, sehingga market confidence dan kami juga bisa melaksanakan mandat UU APBN," tegasnya.

Pada tahun ini, pemerintah memperkirakan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 sebesar 2,12%, atau turun dari proyeksi awal sebesar 2,19% dari produk domestik bruto (PDB).

Adapun kebutuhan untuk membiayai defisit kas negara tahun ini ditargetkan mencapai Rp 325,9 triliun melalui penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) maupun pinjaman.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading