AS-Meksiko 'Berdamai', Bursa Eropa Ikut Menguat

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 August 2018 06:47
Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Senin (27/8/2018) menyusul kesepakatan perdagangan yang dicapai Amerika Serikat (AS) dan Meksiko.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham Eropa ditutup menguat pada perdagangan hari Senin (27/8/2018) menyusul kesepakatan perdagangan yang dicapai Amerika Serikat (AS) dan Meksiko.

Para investor juga masih mencerna pernyataan gubernur bank sentral AS hadi Jumat pekan lalu yang menegaskan kembali arah kebijakan Federal Reserve untuk terus menaikkan suku bunga secara bertahap.

Indeks FTSE 100 di London ditutup menguat 0,19% ke 7.577,49, indeks DAX di Frankfurt melompat 1,16% ke posisi 12.538,31, sementara indeks CAC 40 di Paris mencatatkan reli 0,86% menjadi 5.479,1.


Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup lebih tinggi 0,5% dengan semua sektor berada di zona positif, CNBC International melaporkan.



AS dan Meksiko akhirnya menyepakati perjanjian perdagangan baru hari Senin.

Presiden AS Donald Trump mengatakan kesepakatan itu akan disebut Perjanjian Perdagangan AS-Meksiko dan meninggalkan nama Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang telah berumur 24 tahun.

Trump menambahkan bahwa perjanjian dengan Meksiko juga sangat membantu petani dan industri manufaktur.

Pasar Eropa juga mencermati pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell akhir pekan lalu bahwa bank sentral akan melanjutkan pengetatan kebijakan moneternya bila perekonomian terus berada dalam kondisi yang kuat.

Pidato Powell itu dinantikan pasar sebab pekan lalu Trump dalam wawancaranya dengan Reuters mengatakan ia tidak senang dengan keputusan bank sentral yang terus-menerus menaikkan suku bunga acuannya.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading