Saham Matahari Department Store Melesat 5%, Ada Apa?

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
27 August 2018 11:00
Inilah penyebab melesatnya saham LPPF pada perdagangan hari ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) langsung melesat pada sesi awal perdagangan. Hingga berita ini diturunkan, saham LPPF melejit hingga 5% ke level Rp 6.800/saham. Saham LPPF bahkan sempat mencapai titik tertingginya di level Rp 6.875/saham.

Volume transaksi saham LPPF tercatat sebesar 2,3 juta unit. Investor asing membukukan beli bersih sebesar 2,8 miliar atas saham LPPF.

Sebagai informasi, emiten ini bergerak dalam bidang ritel dengan mengoperasikan gerai Matahari Department Store yang tersebar di beberapa daerah di tanah air.


Berdasarkan pantuan Tim Riset CNBC Indonesia, tak ada kabar terbaru yang mendorong harga saham LPPF menguat signifikan. Aksi beli nampak dilakukan investor setelah koreksi yang sangat dalam.

Terhitung sejak 27 Juli 2018 hingga penutupan perdagangan terakhir di pekan kemarin (24/8/2018), harga saham LPPF telah merosot sebesar 32,2%, dari Rp 9.550/saham menjadi Rp 6.475/saham. Pada periode tersebut, investor 'menghukum' saham LPPF lantaran kinerjanya yang mengecewakan.

Sepanjang semester I-2018, laba bersih perusahaan hanya tumbuh sebesar 0,5% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Padahal, pada semester I-2017, pertumbuhannya mencapai 15,6% YoY.

Melambatnya pertumbuhan laba bersih perusahaan diakibatkan oleh melandainya pertumbuhan penjualan. Sepanjang semester I-2018, penjualan perusahaan hanya tumbuh sebesar 3,1% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Padahal, pada semester I-2017, pertumbuhannya mencapai 10,8% YoY.

Kini, koreksi yang sudah sangat dalam dimanfaatkan investor untuk memborong saham LPPF.

TIM RISET CNBC INDONESIA
(ank/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading