Petrosea Lepas Usahanya ke Harum Energy, Ada Apa?

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
24 August 2018 14:35
Petrosea Lepas Usahanya ke Harum Energy, Ada Apa?
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Petrosea Tbk (PTRO) mengumumkan telah melepas kepemilikan saham di salah satu anak usahanya kepada PT Harum Energy Tbk (HRUM).

Dalam keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), PTRO melepas 99,99 ribu lembar saham PT Santan Batubara (SBB) kepada HRUM dengan nilai transaksi sebesar Rp 86,40 miliar.

Dengan pengalihan seluruh saham miliknya di SBB maka PTRO selanjutnya nama dan investasi ke anak usahanya tersebut tidak lagi dicatatkan ke dalam buku laporan keuangan perseroan pada periode berikutnya.


Sejauh ini, SBB merupakan salah satu anak usaha perseroan dan juga HRUM yang bergerak di bidang pertambangan batu bara. Tercatat, bisnis usaha SBB berada di wilayah Kalimantan Timur dengan kegiatan eksplorasi, pengembangan hingga penjualan ekpsor dan impor batu bara.

Sebelumnya, pada awal Juli 2018 perseroan tercatat mengakuisisi 380 ribu saham atau 95% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor PT Kuala Pelabuhan Indonesia (KPI) dengan perkiraan nilai transaksi mencapai US$ 8,55 juta atau Rp 120,75 miliar.



KPI sendiri merupakan perseroan terbatas dengan unit bisnis di bidang operator pelabuhan hingga pelabuhan yang 95% kepemilikan sahamnya dimiliki oleh PT Indika Logistik & Support Services (ILSS) selaku penjual dalam transaksi tersebut.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading