Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga, Ini Respons Pelaku Pasar

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
10 August 2018 11:36
Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga, Ini Respons Pelaku Pasar
Jakarta, CNBC Indonesia - Penetapan calon pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) menjadi perhatian pelaku pasar pada perdagangan hari ini. Mayoritas merespons positif penetapan pasangan capres-cawapres yang diputuskan tadi malam.

Dalam riset harian Trimegah Secirities menyebutkan, keputusan Presiden Joko Widoo memilih Ma'ruf Amin Ketua MUI merupaka cara untuk mendapatkan suara dari kalangan umat islam konservatif. Pada saat Prabowo Subianto Ketua Umum Partai Gerindra memilih Sandiaga Uno yang masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

"Ini sesuatu yang positif bagi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), khususnya bagi saham berkapitalisasi besar, dalam jangka pendek," tulis Trimegah.


Sementara itu, Panin Sekuritas juga menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin merupakan kombinasi yang dapat menangkal semua kampanye negatif dan membuat jalan lebih halus.
 
"Di masa pencalonan Jokowi masa jabatan pertama dikenal Efek Jokowi (Jokowi Effect). Dan penetapan CaWapres kemarin kembali membuka fenomena Jokowi Effect," tulis riset panin.
 
Panin Sekuritas menilai, hal ini membuka harapan untuk kenaikan IHSG, melawan gerak regional. Saham-saham Kontruksi (terkait dengan Kebijakan Jokowi) akan mendapat sentimen positif.
 
Namun Valbury Securities, menilai dinamika pendaftaran capres dan cawapres akan menyeimbangkan sentimen yang cenderung bercampur. Pasalnya sentimen perang dagang juga masih mempengaruhi sentimen investor.

"IHSG diprediksi akan bergerak mixed dengan kemungkinan melemah terbatas di tengah minimnya sentimen dalam negeri yang saat ini perhatian investor akan beralih sejenak pada pelaksanaan pemilu presiden," kata riset Valbury. (hps/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading