Moody's Kembalikan Outlook Perbankan Indonesia ke Stabil

Market - Irvin Avriano A., CNBC Indonesia
08 August 2018 12:43
Moody's Kembalikan Outlook Perbankan Indonesia ke Stabil
Jakarta, CNBC Indonesia - Moody's Investors Service mengembalikan prospek peringkat (outlook) perbankan Indonesia menjadi stabil dari sebelumnya positif setelah menaikkan peringkat beberapa bank pada medio (April-Juni 2018).

Outlook stabil perbankan itu mencerminkan kualitas aset yang semakin stabil di tengah iklim makroekonomi yang berkembang dan kemampuan perbankan yang tebal untuk menahan rugi yang didukung oleh profitabilitas yang kuat.

Outlook positif dapat berarti potensi dinaikkannya peringkat utang perusahaan, misalnya dari A menjadi A+. Outlook stabil dapat berarti peringkat utang sebuah perusahaan belum berpotensi naik maupun turun. Outlook negatif dapat berarti peringkat utang perusahaan memiliki potensi turun, misalnya dari A+ menjadi A.

Pertumbuhan ekonomi yang kuat dinilai akan mendukung lingkungan operasional perbankan.


Moody's menilai kebijakan makroekonomi akan mampu membantu pertumbuhan riil GDP 5,2% per tahun pada 2018-2019 dan membangun ekspansi 5,1% pada 2017.

Pertumbuhan kredit juga diprediksi akan semakin membaik dengan percepatan 10%-12% dari sebelumnya 8,2% pada 2017.

Kualitas aset akan menjadi lebih stabil akibat kondisi ekonomi yang semakin membaik. Ketahanan modal yang baik juga akan membuat permodalan perbankan berada pada level yang kuat.

Di sisi lain, pertumbuhan simpanan (deposit) akan memitigasi tekanan pendanaan. Pertumbuhan kredit yang lebih cepat akan menekan pendanaan bank, dengan rasio kredit terhadap simpanan (loan to deposit ratio/LDR) beberapa bank akan naik.

Meskipun demikian, pendanaan masih mengetat terbatas karena simpanan akan berekspansi pada percepaan yang relatif sama, didukung oleh pertumbuhan kerja korporasi. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading