MUFG Tambah Kepemilikan, Ada Transaksi Rp 16 T Saham BDMN

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
03 August 2018 10:17
MUFG Tambah Kepemilikan, Ada Transaksi Rp 16 T Saham BDMN
Jakarta, CNBC Indonesia - Total nilai transaksi di pasar saham pada pagi hari ini sudah menyentuh angka Rp 17,8 triliun. Sebanyak Rp 16,3 triliun dari total nilai transaksi tersebut disumbang oleh saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN).

Pada pukul 09:01, terdapat 2 transaksi di pasar negosiasi atas saham BDMN dengan jumlah unit dan harga yang sama, yakni masing-masing sebesar 915,33 juta unit dan Rp 8.921/unit.

Dalam kedua transaksi tersebut, pihak pembeli menggunakan broker Mandiri Sekuritas (CC), sementara pihak penjual menggunakan broker Credit Suisse (CS).


Transaksi ini disinyalir guna meningkatkan kepemilikan MUFG Bank atas perusahaan menjadi 40%. Sebelumnya pada akhir Juli, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memang telah memberikan persetujuan terkait hal tersebut.

Peningkatan kepemilikan dilakukan dengan mengambil alih saham milik Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. atau AFI dan entitas terafiliasi lainnya. Hal ini merupakan bagian dari tahap 2 atas rencana transaksi yang diajukan sesuai dengan pengumuman MUFG Bank pada tanggal 26 Desember 2017.

"Setelah pelaksanaan akuisisi ini, MUFG Bank akan menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 40,0%. AFI akan tetap menjadi pemegang saham pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 33,8% di Bank Danamon," ungkap Danamon dalam keterangan persnya, Selasa (31/7/2018).

Setelah ini, MUFG berencana untuk meningkatkan kepemilikannya menjadi lebih dari 73,8% (tahap 3).

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading