Merger Dimulai, Bank Sumitomo Melebur ke dalam BTPN

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
02 August 2018 06:11
Merger Dimulai, Bank Sumitomo Melebur ke dalam BTPN
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) dan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia (SMBCI) resmi memulai proses penggabungan usaha (merger).

Berdasarkan prospektus yang diterbitkan hari ini, Kamis (2/8/2018), SMBCI akan melebur ke dalamĀ BTPN sebagai entitas penerima penggabungan. Adapun laporan keuangan audited yang digunakan dalam proses merger ini adalah 31 Mei 2018.

BTPN sebagai entitas baru hasil merger akan memiliki proforma total aset sebesar Rp 178,88 triliun pada akhir Mei 2018. Sementara itu, Sumitomo Mitsui Banking Corporation sebagai pengendali akan memiliki kepemilikan sebesar 56,43% terhadap entitas baru hasil merger.


Berdasarkan siaran pers BTPN, seluruh dokumen rencana penggabungan akan diajukan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Kamis (2/8/2018) hari ini. Selanjutnya, setelah mendapatkan persetujuan dari otoritas yang berwenang, BTPN akan mengajukan persetujuan dari pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB).

"Publikasi ini menjadi tonggak dimulainya secara resmi proses penggabungan BTPN dengan SMBCI yang kami yakini akan memberikan dampak positif, bukan hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi perekonomian nasional. Penggabungan akan melahirkan bank baru yang lebih besar dan lebih kuat sehingga dapat lebih berperan memenuhi kebutuhan pembiayaan yang terus meningkat di berbagai sektor di Indonesia, baik ritel maupun wholesale," kata Jerry dalam siaran pers yang diterima CNBC Indonesia, hari Kamis.

Jerry melanjutkan, kekuatan yang dimiliki masing-masing bank akan menjadi nilai tambah Bank Hasil Penggabungan.

"Pemegang saham memutuskan untuk mempertahankan nama BTPN dengan mengusung visi baru menjadi bank pilihan utama di Indonesia, yang memberikan perubahan berarti dalam kehidupan jutaan orang, terutama dengan dukungan teknologi digital," ujarnya.

"Karena penggabungan ini untuk saling melengkapi, maka bisnis bank nantinya akan lebih lengkap, baik dalam produk maupun layanannya. Bank ini akan terus melayani nasabah yang lebih luas, mulai dari piramida bisnis paling bawah melalui layanan digital yang inovatif BTPN Wow! hingga nasabah korporasi internasional yang sangat besar melalui jaringan internasional yang dimiliki SMBC," ungkap Jerry. (dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading