Wah, Apple Jual 41,3 Juta iPhone dalam 3 Bulan

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
01 August 2018 11:55
Apple menjual 41,03 juta iPhone pada periode yang sama tahun lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple menjual 41,3 juta iPhone selama kuartal yang berakhir di 30 Juni, kata perusahaan pada hari Selasa (31/7/2018). Angka tersebut sedikit di bawah ekspektasi pasar.

Wall Street memperkirakan akan ada 41,79 juta iPhone yang terjual selama kuartal tersebut, menurut konsensus FactSet. Apple menjual 41,03 juta iPhone pada periode yang sama tahun lalu.


Namun, Apple melampaui perkiraan Wall Street dalam rata-rata harga penjualan iPhone-nya (average selling price/ ASP).


ASP iPhone pada kuartal tersebut adalah US$724 (Rp 10,4 juta), sementara Wall Street memperkirakan hanya US$693,59. Angka tersebut nampaknya diperoleh dari penjualan iPhone X yang lebih tinggi dari perkiraan, yang dijual mulai dari US$999/unit, dilansir dari CNBC International.

CFO Luca Maestri dalam earnings call mengatakan Apple bisa saja menjual lebih dari 44 juta unit iPhone selama kuartal tersebut jika Apple tidak memotong saluran penjualan ke peritelnya (channel inventory). CEO Tim Cook mengatakan kepada CNBC International bahwa Apple memangkas hampir sebanyak 3,5 juta unit channel inventory.

Seperti biasa, Apple tidak menguraikan penjuakan berdasarkan model iPhone-nya. Namun pada bulan Mei, Cook mengatakan iPhone X merupakan produk iPhone dengan penjualan terbaik sampai kuartal yang berakhir di tanggal 31 Maret.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading