Investasi Emas Perhiasan Tidak Menguntungkan, Ini Alasannya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
12 June 2018 14:32
Investasi Emas Perhiasan Tidak Menguntungkan, Ini Alasannya
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang yang termotivasi membeli emas selain untuk perhiasan, juga dalam rangka berinvestasi dengan harapan harga jual di masa yang akan datang akan naik. Meskipun emas perhiasan yang dibeli emas murni atau emas 24 karat.

Tapi tahukah anda bahwa berinvestasi melalui perhiasan emas tak sepenuhnya menguntungkan?

Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Mike Rini Sutikno mengatakan mengoleksi banyak perhiasan dari emas dengan tujuan untuk investasi tidaklah menguntungkan. Alasannya karena kadar emas pada perhiasan tersebut bisa saja berkurang karena terlalu sering dipakai.


"Perhiasan emas juga terkendala biaya pembuatannya yang mahal, apalagi kalau desainnya rumit. Sedangkan kan berinvestasi tujuannya mendapatkan keuntungan sehingga harusnya modal atau biaya harus lebih kecil dari nilai jual nanti," kata Mike kepada CNBC Indonesia, Selasa (12/6).

Selain itu, perhiasan yang terlalu sering dipakai otomatis akan membuat emasnya banyak terkena oksigen sehingga membuat lebih banyak bereaksi secara kimia. Terakhir, perhiasan sudah tidak mengandung emas murni lagi karena sudah dicampur dengan logam jenis lain agar lebih keras sehingga nilai jualnya nanti akan cenderung rendah.

Untuk itu dia menyarankan ada baiknya untuk memilih investasi menggunakan emas 24 karat dalam bentuk batangan atau koin karena nilainya lebih tinggi dibanding dengan perhiasan saat dijual nanti.

Meski begitu, dia menyarakan sebelum membeli emas ada baiknya calon investor mempelajari terlebih dahulu faktor-faktor yang memengaruhi harga emas sehingga bisa membelinya di waktu yang tepat. Kemudian juga perlu diperhatikan tempat penyimpanannya agar emas tak terlalu sering terkena udara.

Mike tak menyarankan untuk menyimpan emas dalam waktu singkat, waktu yang ideal untuk menyimpan emas adalah dalam waktu 3-5 tahun. "Jangan pegang baru setahun lalu langsung jual, biasanya itu tidak menutup harga jual, lebih baik 3-5 tahun," kata dia. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading