Ulasan Teknikal

Meski Diterpa Aksi Jual, ERAA Bertahan di Tren Bullish Kuat

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
06 June 2018 13:56
Meski Diterpa Aksi Jual, ERAA Bertahan di Tren Bullish Kuat
  • Saham ERAA menguat 3 hari berturut-turut didominasi investor lokal
  • Koreksi saham ERAA tak turunkan tren penguatannya ke depan
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski saham PT Erajaya Swasembada Tbk sempat diterpa aksi jual investor asing kemarin, tetapi saham distributor gawai tersebut secara teknikal masih menunjukkan penguatan dalam jangka pendek.

Dalam beberapa bulan terakhir, perusahaan yang masuk dalam industri perdagangan ritel ini mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni sebesar 109,8%, dari level harga Rp 1.320 per unit pada 23 April 2018. 

Pada perdagangan Selasa (5/6/2018), saham berkode ERAA ini ditutup melemah pada posisi harga Rp 2.770 atau turun 5,13% dengan volume 76,6 juta saham atau naik dibandingkan dengan perdagangan sehari sebelumnya sebesar 76 juta saham. Hanya saja, investor asing mencatatkan penjualan bersih (net sell) sebesar 18 juta saham.
Meski Diterpa Aksi Jual, ERAA Bertahan di Tren Bullish KuatSumber: Reuters
Menurut pola grafik yang ada, ERAA terlihat membentuk pola candlesticks dark cloud cover yang mengindikasikan sinyal pelemahan (bearish) dalam skala sedang, mengingat ada pelemahan pada akhir-akhir periode perdagangan.



Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa indikator teknikal lainnya justru masih menunjukkan tren bullish yang kuat. Indikator moving average (MA) misalnya, masih menunjukkan posisi candle di atas garis MA-5, sedangkan sinyal stochastic slow mendekati 60 atau masih di bawah area overbought yaitu 80.


Tidak hanya itu, sinyal average directional movement index (ADX) masih bergerak di atas 70 yang menunjukan ERAA berada dalam tren bullish kuat.

Pada pembukaan perdagangan IHSG hari ini, ERAA dibuka pada harga Rp 2.730 atau mencatat rentang penurunan (gap down) 40 poin dibandingkan dengan penutupan harga sebelumnya sebesar Rp 2.770. Sampai dengan penutupan sesi I pada hari ini Rabu (6/6/2018) ERAA ditutup di harga Rp 2.730 atau melemah 1,44%.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ags/ags)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading