Internasional

Tingkat Pengangguran Jerman Capai Titik Terendah di Mei

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
30 May 2018 16:34
Tingkat Pengangguran Jerman Capai Titik Terendah di Mei
Jakarta, CNBC Indonesia - Tingkat pengangguran Jerman mencapai rekor terendah pada Bulan Mei 2018 karena jumlah pengangguran turun dan mencerminkan kekokohan pasar tenaga kerja yang telah menjadi pendorong utama dari kenaikan ekonomi Jerman yang dipimpin sektor konsumen.

Total pengangguran musiman yang disesuaikan turun sebesar 11.000 - 1.000 lebih dari perkiraan dalam jajak pendapat Reuters - menjadi 2,358 juta, Kantor Perburuhan Federal mengatakan pada hari Rabu.

Hal ini menurunkan tingkat pengangguran menjadi 5,2%, kata kantor itu, terendah sejak negara itu bersatu kembali pada 1990.


"Pengangguran dan setengah menganggur mengalami penurunan lagi, pekerjaan dalam lingkup sistem jaminan sosial terus meningkat dan permintaan tenaga kerja masih tinggi," kata Kepala Kantor Tenaga Kerja Jerman Detlef Scheele dalam sebuah pernyataan.

"Tren ke atas di pasar tenaga kerja terus berlanjut, meskipun pada kecepatan yang lebih lambat daripada di musim dingin."

Mayoritas dari 800.000 lowongan pekerjaan yang terdaftar di bulan Mei adalah pekerjaan permanen dan penuh yang tunduk pada kontribusi jaminan sosial. Pekerja terutama dicari dari sektor konstruksi, transportasi dan pergudangan serta perawatan sosial dan kesehatan.

Pasar tenaga kerja yang kuat kemungkinan akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengeluaran rumah tangga di ekonomi terbesar Eropa ini, yang telah melihat permintaan domestik mengambil alih ekspor sebagai penggerak pertumbuhan utamanya dalam beberapa tahun terakhir.

Ekonom KfW Joerg Zeuner mengatakan perusahaan Jerman telah menjadi lebih berhati-hati karena friksi perdagangan dengan Amerika Serikat.

"Namun, akhir dari kenaikan ini belum terlihat. Perusahaan di semua sektor ekonomi masih merekrut, "tambahnya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading